Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) mendukung program pemerintah dalam percepatan kendaraan listrik berbasis baterai yang diwujudkan dalam bentuk memberikan penghargaan kepada generasi muda khususnya di jenjang SMA/SMK dan perguruan tinggi yang menekuni bidang tersebut.

Ketua Umum Periklindo Dr. Moeldoko memberikan penghargaan kepada dua perguruan tinggi, yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Gajah Mada (UGM), serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Mejayan, Madiun, pada Rabu (10/11).

Mengutip siaran pers Periklindo yang diterima Kamis, Moeldoko mengatakan bahwa penghargaan ini diberikan atas inovasi ketiga lembaga pendidikan itu dalam penelitian dan pengembangan
kendaraan listrik.

SMK PGRI 1 Mejayan memperkenalkan kendaraan listrik bernama Mobil Toko Kampung Pesilat untuk keperluan UMKM.

Tim Nogogeni dari ITS berinovasi dan merintis ekosistem kendaraan listrik, sedangkan Tim Arjuna dari UGM Yogyakarta memiliki pencapaian yang tidak kalah membanggakan dengan prestasi di ajang internasional, yakni Formula Society of Automotive Engineers (FSAE).

"Periklindo mengapresiasi pencapaian dari generasi muda yang mendukung pengembangan kendaraan listrik. Kami percaya di masa yang akan datang Indonesia akan menjadi negara yang diperhitungkan di bidang kendaraan listrik," sebut Moeldoko.

Tidak hanya memberikan penghargaan, PT Smoot Motor Indonesia sebagai salah satu anggota Periklindo juga memberikan apresiasinya berupa 10 unit motor listrik kepada ketiga pemenang penghargaan Inovator Muda Mobilitas Masa Depan.

"Kami harapkan kepada para penerima penghargaan untuk tetap menjaga semangat dalam mengembangkan industri kendaraan listrik dengan terus melakukan inovasi," ujar CEO PT Smoot Motor Indonesia Irwan Tjahaja dalam siaran pers itu.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Periklindo, PT Dyandra Promosindo dan JIExpo untuk pelaksanaan pameran kendaraan listrik "Electric Vehicle Show" yang direncanakan pada 12 hingga 22 Mei 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Pameran Electric Vehicle Show merupakan wujud keseriusan industri dalam memajukan sektor otomotif nasional khususnya di bidang kendaraan listrik dan industri pendukungnya, sekaligus mendukung pemerintah dalam program percepatan kendaraan listrik berbasis baterai.

"Kendaraan listrik telah beredar luas dan akan menjadi kendaraan masa depan. Menyikapi hal ini, Dyandra Promosindo berterima kasih kepada Periklindo dan Jakarta International Expo atas kepercayaannya untuk bekerja sama mewujudkannya melalui Periklindo Electric Vehicle Show," kata Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo.

"Ini adalah langkah kami bersama untuk berkontribusi dan mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik. Kami mengajak seluruh elemen industri kendaraan listrik untuk ikut serta di gelaran Mei 2022," tambahnya.

Kendaraan listrik tidak terbatas hanya untuk mobil, namun commercial vehicle, motor, sepeda listrik, aftermarket, dan seluruh industri komponen kendaraan listrik lainnya, dari hulu hingga hilir.

Melalui acara pameran itu diharapkan dapat memberi edukasi dan meningkatkan kepahaman masyarakat mengenai kendaraan listrik, serta mendukung peningkatan industri kendaraan listrik, industri kreatif serta UMKM yang menjadi program pemerintah.

Pewarta: Willy Irawan/DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021