Universitas Surabaya meluncurkan Beasiswa Pemimpin Muda Unggulan bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat seluruh Indonesia yang memiliki pengalaman Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, Kamis. 

Peresmian Beasiswa Pemimpin Muda Unggulan dilakukan secara langsung oleh Rektor Ubaya, Benny Lianto ditandai dengan penandatangan deklarasi berukuran besar 2,4 x 1,17 meter bersama perwakilan siswa-siswi OSIS SMA/SMK Kota Surabaya bersama Badan Eksekutif Mahasiswa. 

"Ubaya melihat bahwa bangsa Indonesia membutuhkan lebih banyak pemimpin-pemimpin muda yang unggul dalam berbagai bidang. Pemimpin muda unggulan di masa depan tentu harus berkualitas, berkarakter dan berintegritas," katanya.

"Ubaya sebagai perguruan tinggi memiliki peran untuk mencoba menciptakan pemimpin muda unggulan untuk Indonesia. Oleh karena itu, kami meluncurkan Beasiswa Pemimpin Muda Unggulan," ujarnya, msnambahkan. 

Benny Lianto mengatakan program beasiswa tersebut diperuntukkan secara khusus bagi para ketua maupun pengurus OSIS dari siswa-siswi SMA/SMK sederajat seluruh Indonesia. 

Namun, lulusan SMA/SMK yang belum tergabung di OSIS tetapi terlibat atau memiliki pengalaman berorganisasi di luar sekolah serta keinginan untuk menjadi pemimpin masa depan juga bisa mengikuti program Beasiswa Pemimpin Muda Unggulan.

Dari program tersebut, Ubaya ingin pemimpin muda unggulan tidak hanya aktif dalam organisasi tetapi mempunyai potensi akademik yang baik dengan menyediakan beasiswa. 

"Program Beasiswa Pemimpin Muda Unggulan ini memberikan beasiswa dengan potongan sebesar 50 sampai 75 persen Uang Sumbangan Pendidikan (USP) dan Uang Penyelenggaraan Pendidikan (UPP) di semester pertama. Ubaya berharap dengan adanya program beasiswa tersebut akan lahir pemimpin muda unggulan yang mampu membawa Indonesia lebih maju," tuturnya. 

Hari Sumpah Pemuda bagi Ubaya juga dimaknai sebagai semangat baru untuk menghasilkan pemimpin muda unggulan yang bisa hidup secara harmonis di dalam berbagai perbedaan.

Pemimpin muda unggulan di masa mendatang diharapkan dapat hidup bersama atau berdampingan di dalam berbagai macam perbedaan yang dimiliki masyarakat. 

Menurutnya, selama berkuliah di Ubaya, ada banyak wadah organisasi untuk melatih jiwa kepemimpinan para lulusan siswa-siswi SMA/SMK agar mampu menjadi generasi pemimpin dan agen perubahan masa depan. 

Mereka dapat aktif terlibat dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Surabaya (BEMUS) atau BEM Fakultas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan masih banyak yang lain. 

"Saya berharap masyarakat, orang tua dan siswa-siswi SMA/SMK di seluruh Indonesia bisa memanfaatkan beasiswa ini. Selain belajar di Ubaya untuk meraih cita-cita, mereka juga akan dibentuk dalam leadership camp sehingga bisa menjadi lulusan yang andal dan unggul di masa mendatang," kata Benny Lianto. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021