Pemerintah Kabupaten Jember meraih juara umum pada kegiatan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2021 yang digelar di Jakarta Convention Center pada 20-22 Oktober 2021.

"Selain meraih juara umum, Jember mendapat dua perhargaan, yakni kategori komunikatif dan special design yang tentunya tak lepas dari dukungan dan sinergitas dari seluruh pihak terkait," kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Ervan Setiawan dalam rilis yang diterima ANTARA di Jember, Sabtu.

Menurutnya, kegiatan pameran yang bertujuan untuk membangkitkan perekonomian di daerah serta mendukung program Indonesia Maju dan Apkasi yang diikuti Kabupaten Jember menampilkan 35 produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terbaik.

"Produk UMKM yang ditampilkan berupa produk konsumsi dan kerajinan seperti edamame, kopi, coklat, batik, kain ecoprint, cerutu BIN Cigar, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, serta Jember Fashion Carnaval (JFC)," tuturnya.

Pemkab Jember melalui sinergitas dengan perangkat daerah yakni Badan Perencanaan Pembangunan; Dinas Komunikasi dan Informatika; Dinas Pariwisata dan Kebudayaan; Bagian Perekonomian dan SDA; Bagian Tata Pemerintahan; Bagian Umum; Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan ikut berperan andil dalam suksesnya pameran bergengsi tersebut.

"Booth Jember jadi perhatian sejak awal pembukaan sampai menjelang penutupan Apkasi Otonomi Expo 2021, sehingga tidak heran saat Acara penutupan bahwa booth Jember meraih tiga predikat sekaligus," katanya.

Ia mengatakan pihaknya banyak mendapat pujian dari publik figur dan pengunjung saat mengunjungi booth Pemkab Jember dan hal tersebut sudah menjadi kebanggaan atas upaya dan kerja keras tim.

"Sesuai dengan arahan Bapak Bupati, kami diminta untuk menyebar semangat kebangkitan ekonomi dengan menggandeng UMKM dan pegiat ekonomi kreatif dalam kegiatan itu," ujarnya.

Asisten 3 Pemkab Jember Ruslan Abdul Gani yang mewakili Bupati Jember naik podium menerima piagam penghargaan tersebut mengaku bangga dengan prestasi yang diraih dalam Apkasi Otonomi Expo 2021.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021