Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur bersama dengan LPBI NU Bangil, Pasuruan, menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat terdampak kekeringan di Dusun Watugilang Sangkon, Desa Cukurguling, Lumbang, Pasuruan, Jawa Timur.

Kepala Pelaksana BPBD Jatim Budi Santosa dalam keterangan tertulis di Pasuruan, Jumat, mengatakan lima tangki atau sekitar 25.000 liter air bersih diserahkan secara gratis kepada warga Dusun Watugilang Sangkon yang berjumlah sekitar 1.408 jiwa atau sekitar 500 kepala keluarga.

Bantuan air bersih juga didistribusikan kepada dua dusun lainnya, yakni Dusun Aluran Timur dan Dusun Aluran Tengah, Pasuruan.

"Setiap tahun, Desa Cukurguling selalu menjadi desa langganan terdampak kekeringan. Dari tujuh dusun yang ada, tiga dusun yang mengalami kekeringan parah, yakni, tiga dusun tersebut," katanya.

Ia mengatakan tahun ini kekeringan di Jatim melanda 23 kabupaten atau kota. Dari jumlah itu, 232 kecamatan dan 699 desa atau kelurahan mengalami kering kritis.

Untuk penanganan kekeringan tersebut, kata dia, saat ini tujuh kabupaten telah mengajukan bantuan air bersih ke Pemprov Jatim, yakni, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Pamekasan, Bangkalan, Ngawi, Pacitan, Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan.

"Khusus di Kabupaten Pasuruan, kekeringan tahun ini melanda sembilan desa yang tersebar di tiga kecamatan, di antaranya Kecamatan Lekok, Lumbang, dan Pasrepan," katanya.
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Dusun Watugilang Sangkon Abdul Hasan bersama Ketua RT01 Achmad Babun menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut.

"Bantuan air bersih ini sangat bermanfaat karena mampu meringankan beban warga yang mengalami kesulitan air bersih," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021