Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mengalokasikan anggaran Rp13.973.000.000 bantuan hibah pengadaan pupuk untuk didistribusikan secara gratis kepada para petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Situbondo Haryadi Tejo Laksono mengemukakan pupuk jenis urea gratis itu akan didistribusikan kepada 36.558 orang petani.

"Pupuk gratis ini merupakan bantuan hibah pupuk nonsubsidi, untuk membantu para petani. Pemerintah daerah membeli pupuk ke distributor dengan harga non-subsidi," katanya di Situbondo, Kamis.

Dari 36.558 orang petani yang mendapat bantuan pupuk gratis itu tergabung dalam 818 kelompok tani. Mereka juga telah terdaftar melalui rencana definitif kebutuhan kelompok tani elektronik (e-RDKK).

"Mereka yang dapat bantuan adalah petani yang memiliki lahan di bawah 0,4 hektare," ujar Haryadi.

Ia menjelaskan anggaran pengadaan pupuk nonsubsidi sebesar Rp13.973.000.000 itu untuk pembelian sebanyak 2.645 ton. Masing-masing petani nantinya akan memperoleh 50 kilogram pupuk jenis urea.

"Sampai dengan saat ini masih dalam proses lelang. Minggu ini masih masuk tahapan lelang di LPSE. Kemungkinan bulan depan sudah siap didistribusikan," tuturnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021