Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan amphitheater untuk mendukung potensi wisata di Desa Ranupani di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu.

Amphiteater adalah sebuah gelanggang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan hiburan dan pertunjukan seni. 

Desa Wisata Ranupani berada di Kecamatan Senduro masuk 50 desa wisata terbaik dalam Desa Wisata Indonesia Bangkit Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

"Amphitheater itu dibangun sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya bagi masyarakat Tengger di Desa Wisata Ranupani, setelahnya terdapat pertunjukan jaran kepang yang menjadi salah satu atrkasi budaya di wilayah itu," kata Sandiaga di Lumajang.

Sementara Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan pembangunan amphitheater di Desa Ranupani sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu untuk mendukung sarana dan fasilitas kawasan wisata yang berada di kaki Gunung Semeru tersebut.

"Tempat itu akan digunakan sebagai panggung pertunjukan dan pagelaran seni yang nantinya diharapkan mampu mendukung kemajuan Desa Wisata Ranupani misalnya untuk kereasi seni," tuturnya.

Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq itu mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menparekraf ke Desa Wisata Ranupani karena pihaknya berharap kehadirannya membawa dampak postif terhadap kemajuan desa tersebut yang tentu akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat setempat.

Cak Thoriq juga menerima penghargaan kepada Desa Wisata Ranupani sebagai 50 Desa Wisata Terbaik, Desa Wisata Indonesia Bangkit Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang diberikan langsung Menparekraf Sandiaga Uno.

Saat melakukan visitasi di Ranupani, Sandiaga Uno juga mengunjungi stand atau booth pameran batik dan tenun, kemudian kulinernya yang beragam ada Keripik Kentang, Oseng-Oseng Tumewu, Sambel Tropong, Sambel Bawang Pre, Kripik Kentang, Nuget Semenan, Lumpia Semenan, Peyek semenan, Sambel Tropong, Selai Terong Tengger.

Menparekraf Sandiaga Uno beserta rombongan tiba di desa yang menjadi titik pendakian ke Gunung Semeru itu pada Minggu sekitar pukul 01.00 WIB setelah perjalanan dari Kabupaten Banyuwangi.

Setelah tiba di Kawasan Ranu Pani, Menparekraf Sandiaga langsung bermalam di salah satu homestay dari total 41 homestay yang berada di kawasan tersebut.

 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021