Komando Armada II (Koarmada II) TNI AL menyiapkan sekitar 35 ribu dosis vaksin COVID-19 jenis Sinovac dalam kegiatan vaksinasi di Stadion Canda Bhirawa, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

"Kami dari Koarmada II TNI AL bersama-sama dengan Pemkab Kediri melaksanakan vaksinasi pertama. Kami siapkan kurang lebih 35 ribu dosis," kata Panglima Koarmada II Laksamana Muda Iwan Isnurwanto saat meninjau vaksinasi COVID-19 di Stadion Canda Bhirawa, Pare, Kabupaten Kediri, Kamis.

Pelaksanaan vaksinasi. yang juga dalam rangkaian peringatan HUT Ke-76 TNI AL. itu sudah berlangsung selama dua hari, mulai 15 -16  September. 

Di hari pertama, lebih dari 15 ribu orang ikut vaksinasi gratis tersebut. Di hari kedua, optimistis stok 35 dosis yang telah disiapkan bisa habis.

Dalam kegiatan itu, selain diikuti masyarakat umum juga ada pelajar dan kalangan santri. Mereka berusia di atas 12 tahun dan telah lolos penapisan awal.

Lokasi vaksinasi dilakukan di Stadion Canda Bhirawa, Kecamatan Pare, 37 puskesmas di Kabupaten Kediri, Ponpes Sabilil Huda Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, dan MAN 1 Kota Kediri.

"Tempat di stadion, ada 23 puskesmas dan beberapa pondok pesantren dan sekolah, MA, MTs (peserta vaksinasi, red.). Tujuannya untuk percepatan vaksinasi guna meraih kekebalan komunal dalam menghadapi COVID-19, mendukung percepatan ekonomi nasional dan pertemuan sekolah (sekolah tatap muka, red.)," kata dia.

Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung penuh vaksinasi COVID-19 ini. Pelaksanaan vaksinasi juga berjalan dengan tertib dan lancar.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana juga mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang telah dilakukan oleh Koarmada II TNI AL tersebut.

"Ini vaksin dosis pertama. Yang pertama jumlahnya saya minta 30 ribu ternyata diberi 35 ribu. Alhamdulillah," katanya.

Ia menyampaikan penghargaan atas kegiatan vaksinasi yang telah dilakukan oleh Koarmada II TNI AL tersebut. Dengan demikian akan semakin banyak masyarakat di Kabupaten Kediri yang mendapatkan suntikan vaksinasi, sehingga kekebalan kelompok juga diharapkan segera tercapai.

"Saya pribadi, mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Bapak Panglima banyak bantuan dosisnya (vaksinasi COVID-19, red.), karena saya yakin betul bisa dirasakan ribuan masyarakat Kabupaten Kediri," kata Mas Bup, sapaan akrabnya.

Hadir dalam acara itu selain Panglima Koarmada II Laksamana Muda Iwan Isnurwanto juga jajarannya, bupati dan sejumlah OPD di Kabupaten Kediri, Kapolres Kediri dan sejumlah pejabat lainnya. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021