Akademi TNI Angkatan Laut mendukung program serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim dengan melakukan "jemput bola" para nelayan yang sedang mencari ikan dan kepiting bakau di pantai sekitar Kampus AAL Bumimoro, Morokrembangan, Surabaya, Senin, untuk disuntik vaksin.

Sukaeri (68), seorang nelayan warga Kalianak Morokrembangan, Surabaya, yang sedang mencari ikan dan kepiting bakau di sekitar pantai Halong Morokrembangan AAL mendapatkan vaksin dosis pertama dari tim vaksinator dari Subditkes dan Rumkital drg. Nainggolan AAL di bawah kepala tim Mayor Laut (K) drg. Sophian.

Sukaeri mengaku sekitar 20 orang teman seprofesinya juga belum mendapatkan vaksin dengan berbagai alasan, sehingga ia bersedia divaksin dosis pertama oleh tim AAL. Ia mengucapkan terima kasih kepada TNI AL khususnya AAL yang telah memberikan vaksin dosis pertama kepada dirinya.

"Terima kasih TNI AL, khususnya AAL, yang telah peduli, menyanggong saya untuk divaksin saat saya bekerja mencari nafkah dan terima kasih juga telah memberikan masker dan sepatu bot,” ujar Sukaeri. 

Di tempat terpisah, Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah mengatakan serbuan vaksin tersebut dilaksanakan dalam rangka mempercepat cakupan vaksinasi sesuai program pemerintah dan juga melaksanakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dalam upaya menciptakan kekebalan kelompok.

Menurut ia, AAL sama dengan instansi di jajaran TNI atau TNI AL lainnya terus melaksanakan serbuan vaksin bagi masyarakat maritim di wilayahnya masing-masing.
 
Selain melaksanakan vaksinasi terjadwal ditempat yang telah ditentukan seperti gedung atau lapangan, tim AAL juga "jemput bola" dengan mendatangi langsung nelayan ke rumah atau tempat kerjanya.

"Kami coba mengadakan vaksinasi jemput bola kepada masyarakat nelayan yang baru pulang mencari ikan atau sedang melaksanakan pekerjaan mencari ikan. Ada beberapa nelayan memang yang belum pernah divaksin karena kesibukannya mencari nafkah, tetapi ada juga yang telah vaksin dosis pertama, tapi belum dosis keduanya sehingga kita bisa lakukan di lokasi dia bekerja," terang Gubernur AAL.

Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah mengimbau kepada nelayan yang belum divaksin agar segera menyempatkan diri untuk mendapatkan suntikan vaksin untuk mencegah tertular virus corona.

AAL akan menurunkan tim vaksinasi dari Subditkes, Ditpers AAL dan Rumkital drg. Nainggolan untuk membantu masyarakat nelayan di sekitar Surabaya dan sekitarnya mendapatkan vaksin. (*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021