Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Pelaksana Tugas Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember Benny Sampirwanto memberikan arahan kepada Pemerintah Kabupaten Jember untuk meningkatkan sektor ekonomi makro di wilayah setempat.

"Ada empat poin utama dalam meningkatkan sektor ekonomi makro di Jember," katanya saat memberikan arahan dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Jember Tahun 2021-2026 di Pendapa Wahyawibawagraha Jember, Sabtu.

Empat poin itu, yakni pertama, akselerasi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi melalui pengembangan sektor unggulan berdaya saing tinggi yang terindikasi pada sektor informasi dan komunikasi; pertanian, kehutanan, dan perikanan; dan jasa pendidikan, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi di Jember.

Kedua, mendorong investasi pada sektor perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor; konstruksi; informasi dan komunikasi; serta penyediaan akomodasi dan makan minum untuk menciptakan lapang kerja yang lebih luas, sehingga dapat menyerap tenaga kerja dan meningkatkan produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar Jember.

"Ketiga, meningkatkan produktivitas dan efisiensi sektor yang unggul dan berdaya saing dengan menerapkan pengembangan teknologi tepat guna yang terbarukan dan ramah lingkungan," katanya.

Keempat, standarisasi kualitas produk dan SDM, serta peningkatan promosi dan kerja sama ekonomi untuk seluruh sektor guna meningkatkan produk dan SDM nasional.

"Diharapkan Jember segera akselerasi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi melalui pengembangan sektor unggulan seperti informasi dan komunikasi, jasa pendidikan, jasa kesehatan dan kegiatan sosial," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pengembangan kegiatan ekonomi sektor potensial menjadi sektor unggulan bidang pertanian, administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib menjadi fokus percepatan wilayah.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur beserta seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemprov Jawa Timur atas dukungan dan bantuannya dalam proses konsultasirancangan awal RPJMD tersebut.

"Dengan kegiatan itu, kami dapat membentuk cara kerja yang sinergis, kolaboratif, dan akseleratif antarsemua elemen pembangunan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jember," katanya.

Hendy juga menyampaikan terima kasih atas semua saran dari DPRD Jember terhadap rancangan awal RPJMD yang nota kesepakatannya telah ditandatangani oleh Bupati Jember dan Ketua DPRD Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021