Pemerintah Kota Surabaya mempercepat normalisasi di sepanjang Sungai Kalimas, Kota Pahlawan, Jawa Timur, menjelang datangnya musim hujan.

"Kami akan kebut untuk mengantisipasi musim hujan," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat meninjau normalisasi Sungai Kalimas dengan menaiki perahu sepanjang Genteng Kali hingga Peneleh, Surabaya, Kamis.
 
Menurut Armuji, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau berakhir pada Oktober 2021. Hal itu perlu diantisipasi Pemkot Surabaya dengan melakukan normalisasi saluran air dan Sungai Kalimas.

Untuk itu, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya mengerahkan berbagai alat berat dan dump truk untuk mengangkut sedimen dari dasar sungai Kalimas. 

"Ada gundukan sedimen yang nampak sepanjang Sungai Kalimas tepatnya di Jalan Ahmad Jais hingga Taman Ekspresi. Sedimen yang sudah diangkut sekitar 10.000 meter kubik," ujarnya.

Selain itu, Armuji menghimbau warga Surabaya yang menempati pinggir Sungai Kalimas untuk tidak membuang sampah sembarangan. Hal itu untuk menjaga kebersihan serta mencegah pendangkalan sungai.

"Warga yang tinggal pinggir sungai jangan buang sampah. Kita saling menjaga. Pemkot bekerja keras untuk mengantisipasi musim hujan," ujarnya. 

Pada saat peninjauan itu, Wawali Armuji sempat berhenti karena melihat ada alat berat berhenti saat melakukan normalisasi. Armuji meminta DPUBMP Surabaya  segera mengoperasikan kembali alat berat itu untuk mempercepat pengerukan.

"Kami menargetkan Surabaya bisa bebas banjir dan untuk wilayah yang berpotensi tergenang bisa dilakukan langkah pencegahan sejak dini," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021