Sebanyak 200 rukun warga (RW) se-Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu, menggelar kerja bakti massal di tengah pandemi COVID-19 dengan membersihkan sampah di lingkungannya masing-masing.    

"Banyak sampah hasil dari kerja bakti pagi hingga siang ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya Anna Fajriatin di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, DKRTH telah menyiapkan sejumlah alat berat untuk mengambil sampah di saluran air. Selain itu, kata dia, juga menyiapkan truk untuk mengangkut sampah di sejumlah lokasi di Kota Surabaya. 

Adapun truk dari DKRTH tersebut mengambil sampah hasil kerja bakti di sejumlah kawasan meliputi Jalan Sedayu Krembangan, Kelurahan Darmo, kelurahan Darmawangsa, Kelurahan Dupak dan lainnya.  

"Ini momen yang luar biasa dimana partisipasi warga Surabaya terlihat jelas untuk ikut membantu pemerintah menjaga lingkungan agar tetap bersih," ujarnya.

Anna mengatakan warga Surabaya tetap bersemangat menjaga lingkungannya dalam rangka menyongsong Hari Kemerdekaan 17 Agustus meski saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Untuk mempercepat pelaksanaan kegiatan tersebut, Anna mengatakan semua truk yang dimiliki DKRTH Surabaya disiapkan untuk pengangkutan hasil kerja bakti di sejumlah wilayah di Surabaya.

Bahkan, lanjut dia, untuk satu hari ini, kegiatan perantingan pohon yang dilakukan petugas DKRTH dihentikan agar armada yang ada bisa konsentrasi untuk membantu pengangkutan sampah hasil kerja bakti warga.

"Setiap kantor rayon, cabang dan pengawas kebersihan di kecamatan sudah ada datanya wilayah mana yang sudah keluar hasil kerja baktinya," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021