PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III membagikan sebanyak 1.000 paket sembako kepada pelaku usaha pariwisata di kawasan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.
 
Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto di Mojokerto, Jumat mengatakan pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun berdampak pada setiap sektor kehidupan masyarakat, salah satunya bagi mereka yang menggantungkan hidup pada sektor pariwisata.
 
"Perseroan memberikan sedikitnya 1.000 paket sembako gratis kepada para pelaku pariwisata di Pacet, Mojokerto," katanya.
 
Ia mengatakan, pemberian sembako gratis diharapkan dapat membantu meringankan beban para pelaku usaha pariwisata.
 
Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah daerah Mojokerto yang tengah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).
 
Pada masa PPKM pelaku pariwisata Mojokerto diminta untuk tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan massa.
 
"Sebagai BUMN kami juga miliki tanggung jawab sosial dalam membantu masyarakat yang terdampak akibat pandemi, kami juga memahami bahwa pemerintah daerah tidak bisa sendirian dalam mengatasi pandemi COVID-19 ini, dan ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama," kata Edi.
 
Pelindo III sebelumnya juga telah melakukan kegiatan serupa yakni pembagian 1.000 paket sembako gratis bagi pengemudi angkutan umum dan angkutan daring di Denpasar, Bali.
 
Selain membagikan sembako, perseroan juga memberikan 5.000 paket pemeriksaan antigen gratis bagi para pengemudi angkutan logistik yang menuju Pulau Bali dan Pulau Lombok melalui Banyuwangi.
 
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menjelaskan bahwa sepertiga UMKM yang ada di Mojokerto menggantungkan hidupnya dari sektor pariwisata.
 
Pihaknya telah melakukan pendataan jumlah pedagang kecil di lokasi wisata Pacet yang terkenal dengan wisata alam dan berharap dengan bantuan ini turut mampu mengembalikan semangat para pelaku UMKM
 
"Tak hanya pedagang, tukang parkir, tukang cuci mobil dan penjaga loket pariwisata juga telah kami data, saya bersyukur diberi kelebihan berada di antara orang-orang hebat yang peduli dengan masyarakat umum seperti yang dilakukan oleh Pelindo III ini," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021