Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, siap mendukung dan menyukseskan vaksinasi COVID-19  karena capaian vaksinasi di daerah setempat hingga saat ini masih cukup rendah.

Ketua PCNU Kabupaten Situbondo, KH. Muhyiddin Khatib mengakui bahwa selama ini sebagian pola pikir warga jnahdliyyin khususnya di peresaan masih dipengaruhi informasi hoaks di sosial media tentang vaksin.

"Memang pengurus NU tingkat kecamatan hingga ranting ada keterbatasan informasi, banyaknya informasi hoaks dan adanya kematian setelah divaksin. Ini yang menyebabkan sebagian besar tidak mau divaksin," kata Kiai Muhyiddin usai Rakor Dukungan dan Peran Ulama Dalam Penanganan COVID-19 di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jumat.

Setelah mendapat penjelasan dari satgas COVID-19 kabupaten, lanjut dia, para pengurus NU tingkat kecamatan hingga ranting memahami pentingnya vaksinasi untuk kekebalan komunal di masa pandemi.

"Ini bagian dari edukasi PCNU, semua pemangku kepentingan di tingkat kecamatan, Rois Syuriah, Tanfidziyah, MWC, kami undang. Dan alhamdulillah awalnya yang menganggap vaksinasi berbahaya, sekarang sudah tidak lagi," ucapnya.
Ketua PCNU Situbondo KH. Muhyiddin Khatib (ANTARA/Novi H)


Menurud Kiai Muhyiddin, pengurus NU kecamatan akan berkoordinasi dengan Forum Pimpinan Kecamatan untuk menyosialisasikan vaksinasi hingga ke pelosok desa.

"Nantinya dalam kegiatan itu, PCNU juga akan melibatkan para kiai/guru ngaji, yang punya kekuatan kultur untuk menyosialisasikan pentingnya vaksinasi," tuturnya.

Ia mengajak kepada masyarakat khususnya warga nahdliyyin, agar ikut menyukseskan vaksinasi, karena menjadi perintah dari pemerintah demi kebaikan seluruh warga Indonesia.

"Vaksin halal dan aman, dan tidak berpotensi menyebabkan kematian. Kami ingin masyarakat sadar untuk hidup sehat di tengah pandemi ini," katanya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyampaikan terima kasih kepada pengurus NU kabupaten, kecamatan hingga ranting termasuk kiai-kiai di desa yang mendukung suksesnya vaksinasi COVID-19.

"Kami ucapkan terima kasih atas dukungan PCNU Situbondo yang turut mendukung menyukseskan vaksinasi untuk kesehatan masyarakat," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021