Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, berhasil meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Madya tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Penghargaan kabupaten/kota layak anak 2021 ini disampaikan langsung oleh Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati secara virtual, Kamis.

"Alhamdulillah hari ini Situbondo mendapatkan penghargaan KLA kategori Madya dan penghargaan ini naik satu tingkat dari sebelumnya yang kami raih kategori Pratama," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Situbondo Imam Hidayat.

Menurut ia, di wilayah Tapal Kuda hanya ada dua kabupaten yang mendapatkan penghargaan KLA kategori Madya, yakni Situbondo dan Jember.
Bupati Karna Suswandi dan Wabup Khoirani serta Pimpinan OPD mengikuit pengumuman penghargaan KLA 2021 oleh Kementerian PPPA di Ruang IR Pemkab Situbondo, Kamis (29/7/2021) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Situbondo)


Imam mengatakan bahwa penghargaan KLA kategori Madya bisa diraih dari kerja sama organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya, yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil, Dinas Tenaga Kerja.

"Kami sampaikan terima kasih pada OPD terkait atas kerja samanya, sehingga Situbondo bisa meraih prestasi ini," tuturnya.

Ia menjelaskan untuk meraih KLA kategori Madya cukup ketat, karena ada empat poin yang harus terpenuhi mengenai pemenuhan hak anak, yaitu perlindungan terhadap anak, hak hidup anak, tumbuh kembang anak serta partisipasi.

Imam optimistis ajang penghargaan kabupaten/kota layak anak yang akan datang dapat meraih KLA kategori Nindya atau naik satu satu tingkat.

"Tentunya ke depan kami berharap bisa kembali meraih KLA kategori Nindya," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021