Pagelaran pasar Shop and Share Awesome Knowledge – Things and Inspiration (Sakti) yang digelar PT Link Net Tbk membuka peluang UMKM di platform digital dan mendorong pengembangan bisnis, sekaligus mendukung pemerintah memulihkan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

President Director and CEO PT Link Net Tbk, Marlo Budiman, dalam jumpa pers yang dilaksanakan secara virtual, Jumat mengatakan, pagelaran pasar Sakti berupa festival dan job fair berkonsep virtual animasi 3D ini akan dibuka setiap harinya mulai tanggal 26 Juli hingga 1 Agustus 2021, pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. 

"Pasar Sakti merupakan rangkaian virtual event yang berfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia serta pemanfaatan teknologi dan digitalisasi bagi sektor usaha kecil menengah dan startup," katanya.

Ia menjelaskan, program ini bertujuan mendorong pengembangan bisnis UMKM sekaligus mendukung upaya pemerintah untuk memulihkan perekonomian Indonesia, salah satunya UMKM sebagai salah satu sektor paling terdampak oleh pandemi COVID-19.

"Diketahui pandemi telah menyebabkan penurunan omzet pelaku UMKM seiring turunnya daya beli masyarakat," katanya.

Ia mencatat, di tahun 2020, kontribusi sektor UMKM terhadap PDB nasional mengalami penurunan sebesar 23 persen (yoy), yakni dari 60,3 persen menjadi 37,3 persen, dan tahun ini diproyeksi akan kembali turun sekitar 4 persen.  

Marlo mengatakan Link Net berkomitmen untuk terus mendukung UMKM agar bisa bertahan dan berkembang.

“Pergeseran pola konsumsi barang dan jasa dari luring ke daring akibat pandemi COVID-19, jadi peluang dan momentum tepat digitalisasi UMKM melalui sinergi dan kolaborasi guna mendukung pengembangan sektor potensial ini. Potensi digitalisasi ekonomi Indonesia masih sangat besar peluangnya dengan adanya bonus demografis dan penetrasi internet yang terus meningkat setiap tahunnya," katanya.

Oleh karena, meski adanya pembatasan aktivitas dan mobilitas di masa pandemi juga bisa memberikan peluang bagi sektor UMKM ataupun startup untuk memasarkan jasa dan produknya melalui daring, salah satunya program Pasar Sakti.

Director PT Infra Solusi Indonesia sekaligus Chief Human Capital Officer PT Link Net Tbk, Yosafat Hutagalung mengatakan, saat ini para pelaku UMKM banyak memilih cara lain untuk bertahan, sekitar 29 persen dari mereka bahkan berekspansi dengan menambah jenis saluran penjualan dan pemasaran. 

Oleh karena itu, melalui Pasar SAKTI seluruh pelaku usaha kecil menengah dan bisnis komersial berkesempatan memanfaatkannya, untuk mengenalkan layanan dan produknya secara luas melalui Pasar UKM dan Komersial.

"Di setiap tenant yang ada di Pasar SAKTI akan tersedia berbagai konten informatif serta fitur chat yang memungkinkan seluruh partisipan untuk berinteraksi ataupun melakukan transaksi komersial secara daring. Mari dukung dan ramaikan virtual event Pasar SAKTI, dapatkan beragam manfaat di dalamnya melalui https://pasarsakti.com/," katanya.(*)



 


 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021