Jajaran Polres Kediri Kota menggandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Kediri, Jawa Timur, membagikan daging hewan kurban yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha 2021 dari rumah ke rumah sebagai antisipasi kerumunan, demi menekan penyebaran COVID-19.

Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi, Selasa, mengemukakan pihaknya kolaborasi dengan DMI dan takmir Masjid Darun Najah Bandar Kidul, Kota Kediri untuk penyembelihan hewan kurban. Anggota membagikan daging kurban tersebut dengan cara dari pintu ke pintu, demi menghindari kerumunan warga, mengingat saat ini masih pandemi COVID-19.

"Kami memperbantukan anggota Bhabinkamtibmas untuk mendistribusikan langsung 'door to door' daging kurban kepada warga. Hewan kurban total 33 ekor dengan rincian lima ekor sapi dan 28 ekor kambing," katanya di Kediri.

Ia menambahkan hewan yang disembelih saat perayaan Idul Adha 2021 tersebut dibagikan melalui pondok pesantren dan masjid yang ada di Kota Kediri. Dengan begitu, diharapkan pembagiannya tepat sasaran.

Kapolres mengungkapkan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 2021 ini sangat berbeda karena sekarang di tengah PPKM darurat. Untuk itu, berbagai cara dilakukan guna meminimalisir kerumunan warga, salah satunya dengan melibatkan anggota menuju ke rumah warga untuk pembagian daging kurban.

Ia juga berharap di tengah pandemi COVID-19 saat ini masyarakat bisa lebih konsentrasi dan memaknai arti kurban, yaitu taat terhadap peraturan yang diterapkan pemerintah untuk menekan penyebaran COVID-19 terutama di wilayah hukum Polres Kediri Kota.

"Di tengah pandemi ini, kita saling berbagi dengan warga yang membutuhkan," kata dia.

Ketua DMI Kota Kediri Kiai Haji Abu Bakar Abdul Jalil menambahkan, pihaknya memang membolehkan penyembelihan di masjid ataupun mushalla, selain di rumah potong hewan.

"Penyembelihan bisa di masjid atau mushalla, karena jika semua RPH juga tidak mungkin. Tapi yang menjadi catatan jangan sampai ada kerumunan, jadi petugas penyembelihan harus dibatasi," kata Gus Ab, sapaan akrabnya.

Selain membagikan daging kurban, Polres Kediri Kota juga membagikan paket bahan pokok kepada warga di sekitar Stasiun Kediri, tepatnya paguyuban penarik becak dan warga yang tinggal di sekitar stasiun. Ada sebanyak 100 paket bahan pokok yang dibagikan tersebut.

Kapolres menambahkan penarik becak merupakan salah satu elemen masyarakat yang terdampak PPKM darurat. PT KAI membatalkan sejumlah perjalanan kereta api, sehingga warga di sekitar stasiun juga terdampak.

Ia juga berharap pandemi ini segera berakhir dan perjalanan kereta api kembali normal, sehingga penarik becak dan masyarakat sekitar yang mengantungkan penghasilan dari penumpang kereta api ini bisa kembali mendapatkan penghasilan. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021