Bupati Situbondo Karna Suswandi menginstruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga camat dan pemerintahan desa melakukan ikhtiar spiritual dengan melaksanakan khataman Al Qur'an, membaca shalawat burdah dan shalawat thibbil qulub selama sembilan hari.

"Upaya preventif dan kuratif sudah kami lakukan selama ini, jadi perlu diperkuat dengan upaya spiritual melalui kegiatan rutin khataman Al Qur'an dan pembacaan shalawat burdah serta shalawat thibbil qulub," kata Bung Karna, sapaan bupati, di Situbondo, Jawa Timur, Sabtu.

Ia meminta kepada para camat agar instruksi tersebut ditindaklanjuti ke kepala desa masing-masing untuk melakukan kegiatan yang sama. Dengan membaca ayat-ayat suci Al Qur'an.

Selain itu, juga melantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, dengan harapan pandemi virus corona (COVID-19), khususnya di Situbondo ini segera berakhir.

"Kita ikhtiar bukan hanya lahiriah saja. Ikhtiar batiniah pun harus dilakukan. Memohon kepada Allah SWT agar pandemi ini segera berakhir," tutur bupati.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BK-PSDM) Kabupaten Situbondo, Fathor Rakhman mengatakan bahwa masing-masing OPD sudah mulai melaksanakan kegiatan khataman Al Qur'an dan pembacaan shalawat burdah serta shalawat thibbil qulub, sejak Jumat (16/7) kemarin hingga sembilan hari ke depan sesuai surat edaran bupati.

"Kami sudah mulai melaksanakan instruksi Pak Bupati kemarin, dan itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati, dan akan dilaksanakan setiap hari sampai tanggal 24 Juli 2021," ujarnya.

Fathor menjelaskan, kegiatan membaca Al Qur'an dilaksanakan setiap dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Sedangkan sebagian pegawai yang bekerja dari rumah mengikuti kegiatan itu dnegan cara virtual.

"Kami tentu juga berharap dengan semua ikhtiar yang dilakukan, pandemi COVID-19 ini segera berakhir," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021