Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat untuk saling membantu dan bersedekah tabung oksigen kepada warga yang membutuhkan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang sudah belanja oksigen tapi tidak terpakai supaya dipinjamkan atau dihibahkan," kata Muhadjir di sela kunjungannya ke salah satu pabrik oksigen PT Samator di Kabupaten Gresik, Jatim, Selasa.

Muhadjir yang didampingi Wagub Jawa Timur Emil Dardak dan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) menjelaskan dengan memulai gerakan sosial, masalah di lapangan soal terbatasnya tabung oksigen bisa teratasi, selain juga bisa membantu tetangga atau kerabat.

Sebab, saat ini tabung oksigen banyak dicari para pasien COVID-19, khususnya bagi pasien yang melaksanakan isolasi mandiri di rumah.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu juga meminta warga yang mempunyai tabung oksigen kosong untuk segera diserahkan ke distributor.

Mengenai keberadaan obat yang langka, Muhadjir menjamin pabrik obat yang memproduksi antibiotik masih tersedia. Bahkan, siap memproduksi dalam jumlah besar, serta segera akan melakukan penetapan harga obat dengan meminta petunjuk kepada presiden.

"Penetapan harga akan kami bicarakan dengan presiden. Yang jelas, pabrik untuk obat-obat antibiotik sangat siap berproduksi," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021