Universitas Jember memperbolehkan peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) mengubah mekanisme seleksi yang akan diikuti menyusul peningkatan kasus penularan COVID-19 dan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat.

Ketua Panitia SBMPTBR 2021 Prof Slamin di Jember, Jumat, mengatakan bahwa peserta dapat menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri untuk mengikuti SBMPTBR, tidak perlu mengikuti UTBK lagi.

"Melihat perkembangan kasus COVID-19 makin meningkat, maka panitia memberikan kesempatan kepada peserta UTBK SBMPTBR untuk mengubah mekanisme seleksi menggunakan nilai UTBK SBMPTN 2021," katanya.

Selain itu, Panitia SBMPTBR 2021 tetap membuka kesempatan bagi peserta seleksi untuk mengikuti UTBK SBMPTBR.

"Ternyata masih banyak peserta yang lebih memilih untuk mengikuti UTBK SBMPTBR dengan alasan tidak mengikuti SBMPTN 2021 atau merasa nilai UTBK SBMPTN yang diraih tidak cukup bagus sehingga tetap memilih mengikuti ujian lagi ke Jember," kata Slamin.

Menurut data panitia penyelenggara, peserta SBMPTBR sebanyak 5.883 orang. Sebanyak 3.932 peserta tercatat akan mengikuti ujian dan 1.951 peserta mengikuti seleksi menggunakan nilai UTBK SBMPTN.

"Panitia memberikan kesempatan bagi peserta UTBK SBMPTBR yang ingin mengubah mekanisme seleksi menjadi menggunakan nilai UTBK SBMPTN hingga tanggal 3 Juli 2021," tuturnya.

Slamin menjelaskan, peserta yang hendak mengubah mekanisme seleksi bisa mengakses laman sbmptbr.unej.ac.id dan mengikuti panduan untuk mengganti mekanisme seleksi yang akan diikuti.

"Bagi peserta yang tetap memilih mekanisme ikut UTBK SBMPTBR agar selalu menjaga kesehatan dan membawa hasil tes cepat antigen atau tes usap PCR saat mengikuti UTBK nanti," katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa peserta UTBK SBMPTBR wajib membawa hasil tes cepat antigen atau PCR yang menunjukkan mereka tidak terserang COVID-19 demi kesehatan dan keselamatan bersama.

"Mengingat situasi dan kondisi saat ini dimana penyebaran COVID-19 makin meningkat, saya mohon semua peserta UTBK SBMPTBR selalu menjaga kesehatan dan selalu taat protokol kesehatan," katanya.

UTBK SBMPTBR rencananya dilaksanakan 5 sampai 12 Juli 2021 di Kampus Tegalboto Universitas Jember. Selama ujian, setiap hari panitia hanya menggelar satu kali sesi ujian dan menyediakan 575 komputer di sepuluh lokasi ujian. (*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021