Investasi???, masyarakat awam dan mungkin sebagian besar warga di Tanah Air masih belum banyak tahu tentang investasi, apalagi investasi berjangka yang benar-benar asing di benak mereka.

Namun, lambat laun, bahkan dalam beberapa tahun terakhir ini, masyarakat mulai mencari tahu dan mengenal apa itu investasi berjangka. Tak sedikit yang tertarik dan mulai menanamkan dananya untuk investasi dengan beragam produk yang ditawarkan dan semua menguntungkan.

Berinvestasi jangan hanya tergiur dengan keuntungan besar, tapi harus berhati-hati karena banyak oknum perusahaan menawarkan investasi dengan keuntungan besar, namun ternyata ilegal, tidak tercatat (terdaftar) di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) maupun di PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) Fajar Wibhiyadi menyatakan industri keuangan berjangka memang memberikan keuntungan yang cukup besar. Namun demikian, juga harus dipahami benar faktor risikonya. "Sepanjang transaksi diregistrasikan dan marginnya ditempatkan di KBI, dapat dipastikan aman," ujarnya.

Menurut Fajar, ada tujuh tip (7P) aman dalam bertransaksi atau berinvestasi dalam perdagangan berjangka komoditas, yakni pelajari latar belakang perusahaan, pelajari tata cara bertransaksi, pelajari kontrak berjangka yang diperdagangkan.

Selain itu, penting tidak percaya dengan keuntungan tinggi (hati-hati "income" tinggi), pelajari wakil pialang berjangka, pelajari dokumen perjanjian, dan pelajari risiko yang dihadapi.

Salah satu investasi yang akhir-akhir ini menjadi buruan para investor adalah Loco Gold. Di masa pandemi COVID-19 yang telah memasuki tahun kedua ini, Loco Gold yang ditawarkan perusahaan pialang berjangka PT Bestprofit Futures (BPF) justru tumbuh cukup signifikan, yakni hampir 80 persen pertumbuhan nasabah PT BPF Cabang Malang berinvestasi untuk Loco Gold.

Kepala PT BPF Cabang Malang Andri mengaku masa pandemi COVID-19 dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro dan PPKM Darurat tak menyurutkan niat investor untuk menginvestasikan dananya di Loco Gold.

Andri mengaku selama pandemi COVID-19 investor yang berinvestasi di produk Loco Gold tidak berkurang, justru bertumbuh. Karena, selama pandemi transaksi perdagangan komoditas lebih banyak melalui dalam jaringan (online), sehingga investor tidak perlu lagi bertatap muka dan lebih aman serta nyaman.

"Apalagi, kami juga memberikan waktu 24 jam untuk konsultasi bagi calon investor. Care 24 jam kami didukung oleh 420 orang konsultan dan wakil pialang," tuturnya.

Peluang investasi berjangka Loco Gold ke depan sangat menjanjikan, bahkan bisa menjadi investasi menguntungkan masa depan. Karena cukup menjanjikan bagi investor, PT BPF menargetkan pertumbuhan 25 persen menjadi 300 nasabah pada 2021," ucapnya.

Pertumbuhan Januari hingga Mei 2021 mampu mencapai 117 nasabah, naik 27,17 persen dibandingkan tahun lalu pada posisi yang sama. "Kalau kita melihat progres datanya, trennya cukup tinggi dan kami optimistis target tersebut bisa tercapai," ujarnya.

Ia meyakini dengan kian berkilaunya harga emas di pasaran yang cukup stabil dan cenderung ada kenaikan (fluktuatif), produk Loco Gold ke depan akan semakin diburu investor.

Pada Februari 2021, posisi harga emas 1.676 dolar AS per troy ons dan Mei 2021 mencapai harga 1.959 dolar AS per troy ons. "Saya prediksi lima tahun ke depan Loco Gold ini masih sangat menarik yang ditandai dengan berbagai indikasi," katanya.

Indikasi tersebut, antara lain harga Loco Gold yang mencapai 1.779 dolar AS per troy ons masih dipandang sebagai harga yang normal. Selain itu, harga tertinggi emas pada 2020 2.118,90 dolas AS per troy ons, bahkan prediksi Bank amerika bisa mencapai 2.500 dolar AS pada lima tahun mendatang.

"Kami terus berupaya mengedukasi masyarakat sekaligus mengenalkan peluang-peluang yang memungkinkan untuk bisa diraih melalui investasi berjangka Loco Gold ini. Harapan kami, tidak hanya di masa pandemi saja Loco Gold bersinar dan menunjukkan kemilaunya, ketika pandemi berlalu, produk ini tetap diminati investor (nasabah)," kata Andri.   

Agar selalu "cuan" dalam trading, Andri memberikan beberapa tips, di antaranya karakter Loco Gold yang positif naik, fasilitas buy and sell dapat dilakukan dua arah transaksi, perhitungan disesuaikan dengan lot transaksi, serta pandai membaca peluang.

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021