Kepolisian Resor Bondowoso, Jawa Timur, Sabtu, menggelar vaksinasi massal dengan menyiapkan sekitar 2.300 vaksin COVID-19 dan pelaksanaanya tersebar di beberapa titik guna menghindari terjadinya kerumunan.

Kegiatan vaksinasi massal ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati HUT Ke-75 Bhayangkara 2021, dengan tema "Serbuan Vaksinasi Nasional TNI/POLRI, Sehari Satu Juta Orang Serentak di 34 Wilayah Polda".

"Kami sengaja memecah pelaksanaan dalam vaksinasi di beberapa titik, agar tak terjadi kerumunan. Untuk argetnya di Bondowoso ada 2.300 warga yang divaksin sehari ini," ujar Kapolres Bondowoso AKBP Herman Priyanto dalam keterangannya.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara massal ini, katanya, selain untuk percepatan vaksinasi, Polri juga turut andil dalam meningkatkan imunitas masyarakat.

Di sisi lain, di Bondowoso populasi lansia yang sudah dilakukan vaksinasi baru mencapai 9 persen. Belum juga warga yang  19 tahun ke atas yang divaksin belum mencapai 100 persen.

Padahal, targetnya baik secara nasional maupun di tingkat kabupaten minimal harus 70 persen dari populasi warga.

Sementara itu, Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin menyampaikan terima kasih dengan adanya gerakan vaksinasi massal tersebut. Karena ini turut membantu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mau divaksin.

"Saya berterima kasih kepada Pa Kapolres dengan pelaksanaan vaksinasi ini. Ini tentu sangat membantu," katanya.

Bupati Salwa berharap masyarakat agar terus disiplin protokol kesehatan untuk menghindari penularan virus corona. Termasuk juga seluruh jajaran untuk mengoptimalkan fungsi PPKM skala mikro di wilayahnya.

"Kita perlu kerja yang serius, sungguh-sungguh. Ini nyata, bukan hoaks. Penyebaran COVID-19 sangat mengkhawatirkan. Semua pihak saya tekankan optimalkan peran PPKM mikro, protokol kesehatan juga," ujarnya.

Data sebaran COVID-19 di Bondowoso, hingga hari ini tercatat sebanyak 2.747 kasus, rinciannya 2.281 sembuh, 184 orang meninggal, dan 282 kasus aktif atau dalam perawatan. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021