Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, masih mengkaji rencana relokasi Pasar Mrican sebagai upaya meminimalisasi kemacetan mengingat jalur di pasar tersebut merupakan akses menuju bandar udara yang sedang dibangun.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Senin, mengemukakan relokasi Pasar Mrican bukan perkara mudah karena keterbatasan lahan kota.

Namun, Pemerintah Kota Kediri terus berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan relokasi yang saat ini sudah memasuki tahapan perencanaan dan kajian lapangan.

"Kami sudah ada tempat di daerah Mrican dan sudah disepakati oleh warga yang mungkin nanti itu bisa untuk memindahkan. Untuk saat ini masih dalam tahap kajian lapangan," katanya.

Dalam kesempatan ini, Wali kota yang menghadiri sidang paripurna DPRD soal pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 dengan agenda mendengarkan pendapat akhir fraksi-fraksi.

Dalam rapat tersebut, fraksi-fraksi DPRD Kota Kediri mengajukan beberapa usulan kepada pemerintah daerah, seperti optimalisasi pengelolaan aset untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Selanjutnya, pembenahan sarana transportasi, terutama jalur bandara, yang saat ini masih mengalami kemacetan, percepatan inventarisasi dan sertifikasi aset tanah, pembangunan mal pelayanan publik dan penyediaan ruang pamer produk UMKM.

Wali Kota Kediri mengucapkan terima kasih kepada fraksi-fraksi yang telah menyampaikan aspirasi, usulan, masukan, saran, pendapat dan memberikan persetujuan atas terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020.

"Sampai dengan saat ini kita bisa mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang akan kita perkuat terus. Hasil evaluasi dari rekan-rekan yang ada di DPRD nanti akan menjadi landasan bagi Pemerintah Kota Kediri untuk mengevaluasi kinerja," katanya.

Ia mengatakan dalam mengelola pemerintahan, pihaknya selalu mencoba untuk berfikir secara efektif dan efisien untuk penghematan anggaran dan pelaksanaan kegiatan masyarakat.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kota Kediri Firdaus dan Katino. Sebanyak 21 anggota dewan hadir dalam rapat tersebut. Selain itu, rapat diikuti pula oleh Forkopimda Kota Kediri, Sekretaris Daerah Kota Kediri beserta Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Kediri. 
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021