Perusahaan pelayaran peti kemas PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) mendorong inovasi pelayanan di bidang logistik demi meminimalkan tatap muka, khususnya di masa pandemi virus corona (COVID-19).  

Marketing Manager SPIL Joshua Kai mengatakan pada akhir tahun 2020 lalu telah meluncurkan pelayanan digital melalui aplikasi daring "mySPIL" untuk pembelian segel kontainer.   

"Pembelian segel kontainer melalui aplikasi mySPIL mencapai lebih dari 60 persen dari total pembelian segel pada kuartal pertama tahun 2021," katanya. 

Pelayanan penjualan segel kontainer daring melalui mySPIL menurutnya terbukti efektif karena mempermudah pelanggan, sehingga tidak perlu membeli dengan datang ke kantor SPIL. 

Joshua menandaskan, SPIL juga tidak melupakan inovasi untuk transaksi luring bagi para pelanggan. 

Salah satunya, sejak tahun 2018, telah menempatkan mesin penjualan otomatis Vending Machine untuk pembelian segel kontainer di depo kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Kami memahami kondisi pelanggan yang berbeda-beda. Mesin ini dihadirkan khususnya untuk pelanggan yang memerlukan segel kontainer dalam kondisi cepat. Beroperasi 24 jam, sehingga pelanggan tidak perlu datang ke kantor SPIL hanya untuk membeli segel," ujarnya. 

Menurutnya pembelian segel kontainer melalui Vending Machine pada dua bulan terakhir telah mencapai 25 persen dari total penjualan.

"Ke depan kami akan terus mengembangkan inovasi di bidang pelayanan logistic untuk lebih memberi kemudahan kepada para pelanggan," ucapnya. 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021