Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron, Rabu, memulangkan enam orang pasien terpapar COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil tes usap.

Keenam pasien sembuh yang dipulangkan itu masing-masing lima orang berasal dari Kecamatan Arosbaya dan satu orang dari Kecamatan Bangkalan. Mereka sebelumnya menjalani isolasi di Balai Diklat Bangkalan.

"Ingat ya, meski sudah sembuh, tetap patuhi protokol kesehatan sebagai antisipasi dan bentuk pencegahan dini," pinta Bupati Abdul Latif saat melepaskan secara simbolis kepulangan keenam pasien COVID-19 itu.

Keenam orang pasien COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh itu merupakan pasien yang dikarantina di Balai Diklat Pemkab Bangkalan.

Total pasien yang menjalani karantina di lokasi ini sebanyak 62 orang dan saat ini tinggal 56 orang, setelah enam orang dinyatakan sembuh.

Kepada enam orang ini, bupati juga berpesan agar menceritakan kepada sanak famili dan kerabatnya atas apa yang telah dirasakan selama menjalani isolasi agar masyarakat bisa mengetahuinya.

"Bilang, jangan takut kalau memang positif COVID-19, tapi saat ini sudah sembuh. Bilang juga, bahwa di lokasi karantinanya itu bukan ditelantarkan, akan tetapi dijaga oleh petugas, diberi jatah makan enak, dengan fasilitas yang lengkap," pesan Bupati.

Bupati juga berharap, pasien positif COVID-19 yang telah sembuh nantinya bisa memberikan edukasi kepada masyarakat, akan pentingnya protokol kesehatan, pentingnya melakukan isolasi apabila terpapar COVID-19, sehingga tidak menular kepada warga masyarakat lainnya.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021