Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya menawarkan kerja sama pertukaran mahasiswa dengan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa).

"Saya ingin membantu mahasiswa Unusa yang ingin mengikuti pertukaran pemuda (mahasiswa) ke Jepang," kata Konsul Jenderal Jepang di Surabaya Takeyama Kenichi melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Rabu.

Takeyama menjelaskan jika peminat bahasa Jepang di Jawa Timur cukup besar. Kondisi ini membuat Pemerintah Jepang sangat mengapresiasi peminatan tersebut, sehingga pihaknya akan membantu mahasiswa yang ingin belajar bahasa Jepang lebih baik.

"Kita tidak segan untuk memberikan informasi Jepang kepada masyarakat yang memang tertarik dengan Bahasa Jepang," ungkapnya.

Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng menyambut baik rencana Konjen Jepang untuk melakukan pertukaran mahasiswa. Dia menegaskan Unusa akan berusaha untuk bisa merealisasikan rencana tersebut. 

"Ini langkah yang cukup bagus untuk remaja atau mahasiswa kita untuk belajar banyak hal selama berada di Jepang," ucapnya.

Jazidie berharap bisa berkerja sama dengan Jepang dalam memajukan pendidikan di Indonesia. 

"Ke depannya kita berharap bisa menjalin kerja sama yang cukup bagus untuk dunia pendidikan di Unusa dengan Jepang," katanya. (*)
 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021