Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jawa Timur menyiapkan lencana untuk aparatur sipil negara yang berprestasi selama mengikuti pendidikan dan pelatihan.

"Namanya Lencana Pemimpin Perubahan," ujar Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai di sela penutupan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan II dan III Pemprov Jatim tahun 2021 di Gedung BPSDM Jatim di Surabaya, Kamis.

Adanya lencana tersebut, kata dia, diharapkan mampu menambah daya juang, daya kuat dan daya energi bagi ASN dalam memberikan pelayanan masyarakat.

"Lencana untuk teman-teman ASN peserta diklat yang berprestasi, yaitu terbaik tingkat 1-5, serta ketua angkatan," ucap-nya.

Sementara itu, di hadapan peserta PKP, Aries Agung berpesan bahwa diklat yang dilakukan selama berbulan-bulan tak hanya sekadar menerima ilmu, lalu diimplementasikan di tengah aktivitas pelayanan.

"Tapi, dari sini tumbuh persaudaraan dan kebersamaan antar-peserta. Pasca-pelatihan juga wajib memberikan perubahan positif, meski hanya sedikit," kata mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim tersebut.

Di tempat sama, Kasie Pembinaan, Pengawasan dan Penyuluhan Satpol PP Jatim Muhammad Arief Darmawan mengaku bangga karena mendapat Lencana Pemimpin Perubahan atas posisinya sebagai ketua angkatan II PKP 2021.

"Syukurlah mendapat apresiasi dari penyelenggara. Ini kebanggaan dan akan selalu saya pakai," kata dia.

Danwas Wawan, sapaan akrabnya, dipercaya sebagai ketua angkatan setelah dipilih pada awal Februari lalu atau pembukaan PKP.

Berbagai pengalaman sekitar empat bulan membuatnya merasa lebih siap dan mendapat ilmu yang selama ini belum didapat, termasuk memimpin 40 peserta dari berbagai OPD.

"Teman-teman itu pejabat setingkat eselon IV dan golongan-nya mayoritas lebih senior dari saya. Ini tentu jadi pengalaman dan pembelajaran agar lebih baik saat bertugas," tutur-nya.

"Otomatis beban belajar ini lebih berat. Tapi, saya bersyukur hasilnya memuaskan dengan masuk 10 besar peserta terbaik. Lebih bersyukur lagi, 40 peserta satu angkatannya ini lulus semua dan nihil pelanggaran," ujarnya menambahkan.

Dalam aksi perubahannya, Danwas Wawan melahirkan inovasi dengan membentuk Kader Penegak Perda (KPP) yang harapannya dapat membantu tugas pemerintah dalam mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021