Kementerian Perdagangan akan memberikan pelatihan kepada pelaku usaha di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, karena sejumlah produk unggulan dinilai layak untuk ekspor dan hanya perlu dilatih dalam pengemasannya.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengemukakan sejumlah produk unggulan milik pelaku usaha Situbondo dinilai sudah layak ekspor, tapi masih perlu diberikan pelatihan di bidang pengemasan.

"Kami punya Balai Pelatihan Ekspor yang memberikan pelatihan mulai pengemasan, kebersihan, workshop, seminar, sampai pendampingan dalam tata cara melakukan ekspor," kata Jerry saat kunjungan kerja ke Situbondo, Jawa Timur, Sabtu.

Dengan memberikan pelatihan kepada pelaku usaha, lanjut dia, produk unggulan Situbondo bisa bersaing di pasar dunia.

Jerry menjelaskan program pelatihan ekspor memang dikhususkan untuk produk lokal yang ada di seluruh daerah di Indonesia, termasuk Situbondo.

"Hal ini kami lakukan untuk mendorong produk-produk lokal yang dinilai punya nilai jual tinggi agar bisa bersaing di level dunia," tuturnya.

Oleh karena itu, menurut Jerry, perlu ada pemetaan produk lokal sangat berpotensi yang ada di "Kota Santri" itu.

"Nantinya kami petakan apa yang potensial di Situbondo, misal kopi, dan kerajinan akar pohon jati dan produk lokal lainnya. Secepatnya akan kami tindaklanjuti untuk pelatihannya. Nantinya produk tersebut kami pasarkan di 40 negara," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyampaikan terima kasih karena sejumlah produk lokal Situbondo yang dipaparkan kepada Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga disambut baik dan didukung untuk memberikan pelatihan kepada pelaku usaha di Situbondo.

"Alhamdulillah, apa yang kami paparkan kepada Pak Wakil Menteri Perdagangan tadi disambut baik, dan beliau menyampaikan akan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi pelaku usaha yang produknya laik eksporm" katanya.

Bung Karna, sapaan bupati, juga mengaku bangga karena Wamen Perdagangan meluangkan waktunya berkunjung ke salah satu kerajinan akar pohon jati yang selama ini produknya sudah ekspor ke Eropa, maupun Negara Timur Tengah.

"Beliaunya juga tadi berkenan berkunjung ke produk kerajinan berbahan baku akar pohon jati. Pak Wamen Perdagangan juga akan mengundang perajin akar pohon jati itu untuk mengikuti kegiatan pameran di Jakarta," tuturnya.

Dari pantauan, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan, dan rombongan, ditemani Bupati Situbondo Karna Suswandi, berkunjung tempat kerajinan akar jati di Desa/Kecamatan Kendit. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021