Pengendara sepeda motor di Kota Kediri, Jawa Timur, mengambil sikap sempurna saat Mars Pancasila dikumandangkan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni, yang bertepatan pada hari Selasa. 

"Kejadian itu di Simpang Empat Nabatiyasa, Kota Kediri. Beberapa pengendara sepeda motor berhenti dan melakukan sikap sempurna saat mendengarkan Mars Pancasila dikumandangkan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri Apip Permana di Kediri, Selasa. 

Peristiwa menarik lainnya juga terlihat di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kediri. Segala aktivitas terhenti sejenak. Karyawan berbaris rapi dan melakukan sikap sempurna saat mendengar Mars Pancasila.

Pemkot Kediri telah membuat kebijakan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dengan Gerakan Kebangsaan Mengumandangkan Mars Pancasila. Tepat pukul 14.00 WIB, Mars Pancasila bergema di 17 Area Traffic Control System (ATCS) dan di beberapa pusat perbelanjaan.
 
Nantinya, Mars Pancasila akan sering terdengar saat berada di tempat-tempat umum di Kota Kediri, pada pukul 14.00 WIB. Melalui gerakan tersebut, diharapkan rasa nasionalisme terus membara dan nilai-nilai Pancasila dapat terus diresapi serta diaplikasikan oleh masyarakat. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021