Kodim 0826 Pamekasan, Jawa Timur, meningkatkan patroli penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat di wilayah itu, pasca-perayaan dan libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah, guna mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah itu.

Menurut Pasi Ops Kodim 0826 Pamekasan Kapten Hery Mulyono di Pamekasan, Jumat, langkah patroli pengawasan itu dilakukan karena pihaknya tidak ingin kejadian abai prokes terjadi lagi pasca-Lebaran 2021 ini.

"Kami mengacu pada Lebaran tahun lalu. Dulu, pasca-Lebaran banyak masyarakat yang abai pada protokol kesehatan, karena menganggap COVID-19 sudah tidak ada. Banyak warga yang abai protokol kesehatan," katanya.

Namun, sambung dia, pada kenyataannya, jumlah warga Pamekasan kala itu yang terkonfirmasi terpapar COVID-19 meningkat.

"Pasca-Lebaran tahun ini, kami tidak ingin hal itu terjadi lagi," katanya, menjelaskan.

Sehingga, pasca-Lebaran ini, pihaknya menginstruksikan kepada semua personel TNI untuk meningkatkan pengawasan dan patroli penegakan disiplin protokol kesehatan.

"Pak Dandim meminta untuk menggerakkan semua kekuatan personel, baik di Kodim 0826 Pamekasan di masing-masing Koramil di kecamatan hingga Babinsa di tingkat desa," katanya.

Titik tekan yang disampaikan Dandim melalui pendekatan persuasif, yakni dengan memberikan penyuluhan dan penyadaran kepada masyarakat agar taat pada protokol kesehatan.

Patroli tentang penegakan protokol kesehatan oleh institusi ini menyasar para pengendaraan bermotor di Kota Pamekasan, pengunjung toko swalayan, pasar tradisional dan perkampungan warga.

"Khusus Babinsa telah ditugaskan secara khusus saat melakukan komunikasi sosial kepada warga dan tokoh masyarakat, sehingga dengan cara itu akan lebih efektif," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data Satgas COVID-19 Pemkab Pamekasan, jumlah warga Pamekasan yang terkonfirmasi COVID-19 saat ini sebanyak 1.168 orang, dengan jumlah pasien sembuh sebanyak 1.076 orang, 90 orang meninggal dunia, dengan jumlah kasus aktif sebanyak dua orang.

"Melalui peningkatan intensitas patroli prokes ini, kita ingin mencegah semaksimal mungkin akan adanya tambahan pasien baru COVID-19. Ya tentunya melalui upaya penegakan disiplin protokol kesehatan oleh warga," kata Pasi Ops Kodim 0826 Pamekasan Kapten Hery Mulyono, menjelaskan.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021