Perusahaan pelayaran peti kemas PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) meningkatkan pelayanan digitalisasi melalui aplikasi daring tidak hanya bagi pelanggan, melainkan juga untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) para karyawannya, termasuk yang bertugas di laut. 

Head of Learning & Developing Crew PT SPIL Bambang Hermanto mengungkapkan sejak 2019 telah diterapkan aplikasi daring yang diperuntukkan bagi para pekerja dengan nama SPILOrganizer.

"Kemudian pada awal Mei 2021, resmi diluncurkan aplikasi daring yang dikhususkan untuk para pelaut SPIL. Namanya SPILOrganizer Crew," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan di Surabaya, Rabu.
 
Aplikasi tersebut merupakan pengembangan dari SPILOrganizer yang sudah lebih awal berjalan untuk karyawan SPIL yang bertugas di darat.

Bambang menjelaskan SPILOrganizer Crew memiliki beberapa fitur yang dikhususkan bagi para pelaut SPIL dengan intensitas penggunaannya ialah menu E-Learning.

"E-Learning adalah sebuah menu yang berisikan materi-materi pelatihan yang berhubungan dengan operasional kapal sesuai regulasi yang berlaku. Pelatihan ini bisa bersifat refreshment bagi para pelaut SPIL," ujarnya. 

Bambang menandaskan, selain bertujuan sebagai pendalaman ilmu, melalui aplikasi ini diharapkan para pelaut bisa melakukan improvement

Rencananya setiap bulan minimal digelar empat kali pelatihan yang diperuntukkan bagi seluruh kru kapal SPIL.

Dinilai efektif karena pelaut SPIL bisa mempelajari materi baru di manapun dan kapanpun.

"Bagi kami, tak hanya menomorsatukan kepuasan pelanggan, tetapi sumber daya manusianya juga perlu diperhatikan. Kami menyadari adanya protokol kesehatan dengan tidak memperbolehkan adanya kerumunan. Sehingga dengan cara ini dirasa cukup efektif dalam proses pengembangan SDM pelaut SPIL," ucap Bambang.  (*)
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021