Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, berhasil mempertahankan penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Timur lima kali beruntun.

Penghargaan opini WTP ini diberikan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020. Opini WTP diterima langsung oleh Bupati Situbondo Karna Suswandi di Aula Gedung BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur di Surabaya, Rabu (19/5) .

"Opini WTP lima kali beruntun diperoleh Pemkab Situbondo, tentunya penghargaan ini menunjukkan kinerja pemerintah yang baik dan transparan, utamanya dalam pengelolaan keuangan daerah," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Situbondo, Syaifullah di Situbondo, Kamis.

Dengan memperoleh penghargaan opini WTP dari BPK lima tahun beruntun ini, lanjut dia, harus disyukuri raihan prestasi ini dengan meningkatkan kualitas kinerja.

"Meningkatkan kinerja khususnya dalam melayani masyarakat. Sehingga bisa membawa Kabupaten Situbondo ke arah yang lebih baik lagi ke depan," tuturnya.

Kata Syaifullah, perolehan opini WTP merupakan hal yang membanggakan karena tidak semua daerah mampu meraih predikat tersebut.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Situbondo juga mendapatkan predikat A untuk sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan (SAKIP). Dengan demikian, keberhasilan predikat A SAKIP juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan publik. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021