ACE melalui Kawan Lama Foundation, yayasan yang menaungi kegiatan sosial Kawan Lama Group membagikan ratusan alat pelindung diri (APD) sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap penanggulangan COVID-19 di Kediri, Jawa Timur.

Corporate Affairs and Communications Director Kawan Lama Group Nana Puspa Dewi mengemukakan perusahaan sangat peduli dan mendukung pemerintah untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Sejak awal COVID-19 terjadi di Indonesia, kami berkomitmen mendukung pemerintah untuk bersama-sama memutus penyebarannya. Dengan meningkatnya kasus COVID-19, ACE yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group melanjutkan dukungan dengan mendonasikan alat perlindungan diri," katanya dalam rilis yang diterima di Kediri, Jumat. 

Di Kota Kediri ada sebanyak 320 APD yang dibagikan dengan target donasi ke puskesmas, rumah sakit, dinas Sosial, petugas pemakaman hingga Pemerintah Kota Kediri. Pemberian APD bersamaan dengan kegiatan penandatanganan kerja sama dalam rangka kemitraan toko modern dan UMKM di Balai Kota Kediri. 

Ia juga mengatakan Kota Kediri adalah salah satu dari 50 kota yang mendapatkan donasi APD tersebut. Pembagian ini sudah tahap ketiga donasi tahun 2021. 

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya melibatkan mitra bisnis dengan target donasi lebih dari 30.000 APD yang dibagi dalam tiga tahap.

"Kami juga akan memperluas jangkauan penerima manfaat melalui koordinasi dengan pemerintah daerah agar bantuan dapat diterima dengan tepat sasaran," kata dia. 

Secara total, pada tahap ketiga, ACE menyalurkan lebih dari 16.000 baju hazmat untuk petugas kesehatan di puskesmas, rumah sakit, dinas sosial, petugas pemakaman, dan pemerintah kota dalam upaya penanggulangan penyebaran COVID-19. 

Donasi tersebut disalurkan ke 27 provinsi paling terdampak seperti Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DIY, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Lombok, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, hingga Sumatera Utara. 

Pada 2020, ACE telah mendonasikan 160.000 APD dan alat kesehatan yang ditujukan untuk sejumlah rumah sakit, pemerintah kota, serta panti asuhan dan panti wreda yang tersebar di 25 kota di Indonesia. 

Sedangkan secara menyeluruh, Kawan Lama Group melalui Kawan Lama Foundation, telah mendonasikan lebih dari 300.000 produk medis dan non-medis kepada rumah sakit rujukan pemerintah untuk penanganan pasien COVID-19, pemerintah daerah, Kementerian Kesehatan, TNI, serta berbagai pihak yang terdampak COVID-19 di berbagai kota.  

Rangkaian kegiatan donasi tersebut merupakan perwujudan dari salah satu pilar kegiatan CSR Kawan Lama Foundation yaitu aksi kemanusiaan, di samping pilar kegiatan lainnya yakni aksi lingkungan, pendidikan dan pengembangan masyarakat. 

"Kami berharap dukungan yang diberikan dapat bermanfaat, dan yang paling penting adalah mari kita bersama-sama mendukung pemerintah dengan menaati protokol kesehatan agar Indonesia dapat segera terbebas dari COVID-19," pungkas Nana Puspa Dewi. (*)
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021