United States Agency for International Development (USAID) Mitra Kunci bersinergi dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam rangkah memperkuat program ketenagakerjaan dan kewirausahaan bagi penyandang disabilitas.

"Selama ini, kami telah memberikan ruang kepada mereka (disabilitas). Tentunya mereka harus menunjukkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat menerima audiensi dari USAID Mitra Kunci Ruang Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya, Rabu.
 
Saat audiensi tersebut, rombongan dari USAID Mitra Kunci membahas program terbarunya bertajuk Penguatan Ketenagakerjaan dan Kewirausahaan Bagi Penyandang Disabilitas. Rencananya, program tersebut bakal disinergikan dengan Pemerintah Kota Surabaya.
 
Armuji langsung merespons positif program itu. Bahkan, ia juga memaparkan keberhasilan program pemkot khususnya pemberdayaan disabilitias dengan tujuan memberikan ruang dan kesempatan untuk berkarya.
 
"Mereka harus menunjukkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Kami berikan ruang itu, sehingga membuat orang tuanya merasa bangga. Lebih dari itu, anak-anak juga akan terus mengasah bakat dan kemampuan yang dimiliki," ujarnya.
 
Di sela-sela acara, Armuji pun memperkenalkan ada tiga orang disabilitas yang bekerja sebagai stafnya sebagai fotografer, bagian desain dan membuat konten. Meskipun di tengah keterbatasannya itu, ia menyebut, mereka memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan orang-orang pada umumnya. 

Selain itu, ia juga memastikan para disabilitas itu bekerja dengan baik dan dapat bekerja secara tim. "Mereka sangat kompak dengan timnya, bisa seirama. Mereka juga responsif, tidak ketergantungan. Terkadang tidak menggunakan penerjemah," katanya.
 
Koordinator Provincial Project USAID Mitra Kunci Yofianus Toni Sakera mengungkapkan rasa bahagianya sebab apa yang dipaparkannya mendapat respons positif oleh Wawali Surabaya Armuji.

Menurutnya, Kota Pahlawan ini memang memiliki tujuannya yang sama yakni memberikan kesejahteraan para disabilitas.
 
"Senang sekali Pak Armuji memang sudah punya inisiatif sebelum kami datang sendiri ke sini. Jadi dengan kata lain, ya, kami semua justru terbalik yang terinspirasi dari apa yang beliau lakukan," ujarnya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021