Bagi mereka yang tinggal atau pernah kuliah/bekerja di Surabaya, tentu tidak asing dengan kuliner daging bebek lewat berbagai jenis olahannya. Banyak kuliner berbahan daging bebek yang terkenal di Surabaya dan masing-masing memiliki cita rasa tersendiri.

Kini, kuliner daging bebek khas "Kota Pahlawan" itu ada metode racikan terbaru. Dengan bumbu yang “nendang” dan daging yang empuk, makanan satu ini layak Anda coba.

"Enak banget bumbunya, empuk banget ikannya, sekarang nggak perlu jauh-jauh ya... Dadal (habis tanpa sisa) wis..," ujar Adi, warga Jemursari, Surabaya, tentang kuliner ikan dengan olahan sambal racikan khas 'Marlena' itu.

Adi merupakan salah satu warga Surabaya yang sempat mencoba racikan khas Bebek “Marlena Galak” (Marga). Disantap bersama nasi dan lalapan sayur kangkung, kecambah, mentimun, kemangi, serta sambal terasi dan sambal matah atau bawang, bebek khas 'Marlena' ini rasanya memang maknyus.

Selain daging bebek, dapur Marlena Galak juga menyediakan menu ayam dan gurami dengan racikan yang sama, ada yang digoreng atau dibakar. Bedanya cuma harga. Kalau nasi bebek harganya Rp23.000-Rp25.000 per porsi, nasi ayam Rp18.000-Rp20.000 per porsi, dan nasi ikan gurami dihargai Rp35.000-Rp40.000 per porsi. Meski beda, tetapi olahan sambalnya sama.

"Masya-Allah, enak kabeh. Sambel matah-e nyaman, rempahnya terasa banget. Aku sampai mangan nggak mandek (makan tanpa berhenti)," kata Misayu, penikmat kuliner asal Krian, Sidoarjo, yang sempat menikmati ayam dan gurami dengan sambel matah/bawang khas.

Terus, dimana bisa menikmati kuliner khas ini? Jangan khawatir, kuliner Bebek Marlena Galak itu lokasinya ada di Wonocolo Pabrik Kulit Gang VI Nomor 6 (Wonocolo Pabrik Kulit) Surabaya. Bagi Anda di wilayah Surabaya yang tidak mau repot, dapur Marlena Galak dalam waktu dekat bisa dipesan lewat aplikasi GoJek.

Bagi mereka yang luar Surabaya, kuliner Bebek Marlena Galak juga bisa dinikmati di "Kota Tembakau" Jember, tepatnya Jalan K.H. Shiddiq Nomer 46, Kota Jember, atau sekitar 100 meter di sisi selatan Pasar Tanjung berlabel "Bebek Marlena Galak El-Fath". Atau bisa pesan antar via GoJek.

"Makannya di Jember, tapi kenangannya di Surabaya. Apalagi, racikan dan olahan masakannya sama-sama mantap," ucap Jono, warga Surabaya yang menikmati bebek Marlena Galak dengan dua orang temannya di kawasan Talangsari, Jember itu.

Jadi, tunggu apalagi ?!.
.....
Melle bebek tak nyambih beddeh...
Entar ka Semarang ajelen dibik...
Nasek bebek, reggena mudeh...
Mon ngocak larang soroh gebbei dibik...
(Marlena#10102020)_

Pewarta: Willy Irawan/DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021