Sebagai salah satu ikhtiar batiniah, Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, menyelenggarakan pembacaan surat Yasin sebanyak sejuta kali agar pandemi COVID-19 yang melanda Tanah Air dan dunia segera berakhir.

Kegiatan membaca Surat Yasin sejuta kali itu dilakukan bersama-sama oleh Forkopimda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat Kota Madiun di Rumah Dinas Wali Kota Madiun Maidi.

"Perjuangan kita melawan musuh yang tidak kelihatan belum usai. Berbagai upaya telah kita lakukan secara maksimal, baik secara lahiriah maupun batiniah. Pembacaan Surat Yasin sejuta kali ini merupakan ikhtiar batiniah untuk mengetuk pintu langit agar Allah SWT mengangkat COVID-19 dari bumi ini," ujar Wali Kota Madiun Maidi di sela kegiatan pembacaan Surat Yasin sejuta kali, Kamis (18/3) malam. 

Ia menjelaskan bahwa Kota Madiun saat ini sedang memperpanjang pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro tahap III mulai 9 hingga 22 Maret 2021.

PPKM mikro tahap III itu diatur dalam Instruksi Wali Kota Nomor 6 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro Untuk Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Kota Madiun.

"Melalui pelaksanaan PPKM mikro tahap III ini, kita ingin dapat menekan kasus harian COVID-19 ke titik yang serendah-rendahnya," kata Wali Kota Maidi.
 
Kegiatan membaca Surat Yasin sejuta kali di Rumah Dinas Wali Kota Madiun Maidi Jalan Pahlawan Kota Madiun, Kamis (18/3/2021) malam agar pandemi Covid-19 berakhir. (ANTARA Jatim/Louis Rika)

Pihaknya meminta warga Kota Madiun terus disiplin melakukan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan hanya keluar rumah untuk urusan penting.

Upaya-upaya tersebut dilakukan untuk mendukung Pemkot Madiun menekan penyebaran kasus COVID-19 di wilayahnya.

Sesuai data, di Kota Madiun kasus COVID-19 hingga Kamis (18/3), mencapai 1.739 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 1.537 orang di antaranya telah sembuh, 38 orang lainnya masih dalam perawatan, 49 orang isolasi mandiri, dan 115 orang meninggal dunia.

Tercatat penambahan hari Kamis (18/3), kasus konfirmasi baru bertambah 10 orang, sembuh 17 orang, dan meninggal dunia nihil.

Adapun, pembacaan surat Yasin juga ditayangkan secara live di kanal Youtube resmi Pemkot Madiun dan Diskominfo Kota Madiun. Warga yang ingin bergabung dalam kegiatan tersebut, dapat mengikutinya dari rumahnya masing-masing.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021