BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Sidoarjo,Jawa Timur, memastikan seluruh karyawan telah mengikuti vaksinasi COVID-19 sebagai bentuk dukungan terhadap penanganan penyebaran virus corona baru atau COVID-19.

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Sidoarjo Ainul Kholid mengatakan vaksinasi ini sangat penting dilaksanakan, khususnya kepada pekerja yang bekerja pada kantor pelayanan publik.

"Kami setiap hari melayani puluhan hingga ratusan peserta yang melakukan pencairan jaminan ataupun kegiatan administratif. Oleh karena itu, sudah sewajarnya pegawai pelayanan publik seperti kami mendapatkan vaksin sebagai salah satu bentuk pencegahan atas risiko penularan COVID-19," katanya usai mengikuti penyuntikan vaksin COVID-19 di Sidoarjo, Senin.

Ia mengemukakan pandemi COVID-19 diperkirakan masih akan terus berlanjut dan salah satu upaya pemerintah dalam menangani hal tersebut adalah dengan memberikan vaksin kepada masyarakat.

"Kami memastikan seluruh personil mendapatkan vaksin COVID-19," katanya.

Ia menjelaskan, sejak awal tahun 2021 sampai sekarang, dari keempat program yakni Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Pensiun, pihaknya sudah mencairkan Rp74,05 miliar dari 4.228 kasus pengajuan klaim.

"Dengan banyaknya peserta yang datang ke kantor cabang Sidoarjo sudah sewajarnya pegawai kami mendapatkan vaksin sebagai salah satu bentuk pencegahan atas risiko penularan COVID-19," kata Ainul.

Ia mengatakan, program vaksinasi ini diikuti sebanyak dua kali oleh seluruh karyawan yang memenuhi syarat, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Kami akan selalu patuh kepada anjuran pemerintah untuk selalu memerhatikan protokol kesehatan, termasuk mengikuti program vaksinasi COVID-19 ini," ucapnya.

Dalam rangka meminimalisir penyebaran virus COVID-19 di lingkungan kantor, pihaknya telah melakukan penyesuaian mekanisme pelayanan.

"Kami menjalankan protokol pelayanan klaim yang mengutamakan layanan dalam jarimngan dan tanpa kontak fisik atau yang dikenal dengan Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) BPJAMSOSTEK," ujarnya.

Ainul Kholid juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya peserta yang datang ke Kantor Cabang Sidoarjo untuk terus melakukan 5M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

"Semoga dengan adanya program vaksinasi ini dapat secara signifikan mengurangi risiko terpapar Covid-19 dan nanti pada akhirnya masyarakat Indonesia secara keseluruhan dapat terbebas dari COVID-19," tukasnya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021