Bupati dan Wakil Bupati Situbondo terpilih Karna Suswandi dan Khoirani dijadwalkan dilantik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (26/2).

Sesuai jadwal, Bung Karna (sapaan akrabnya) serta wakilnya Khoirani dilantik pada sesi pertama pukul 09:00--12:00 WIB bersama sejumlah kepala daerah lain. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah itu hanya diikuti dua orang anggota keluarga (keluarga bupati dan wakil bupati).

Secara keseluruhan ada 17 dari 19 kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2020 yang dilantik dan diambil sumpahnya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (26/2), dan dibagi dalam tiga sesi mulai pagi hingga sore.

"Undangan pelantikan terbatas, unsur pimpinan DPRD Situbondo dan Forkopimda akan mengikuti pelantikan secara virtual di Pendopo Kabupaten Situbondo," ujar Wakil Ketua DPRD Situbondo Abdurrahman di Situbondo, Kamis.

Menurut ia, pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih sudah diputuskan dilaksanakan di Surabaya. Sesuai informasi, undangan pelantikan hanya untuk bupati dan wakil bupati serta dua anggota keluarga.

"Sesuai rencana, bupati dan wakil bupati akan kembali ke Situbondo pada Sabtu (27/2) dan akan ada penyambutan  di Pendopo Kabupaten Situbondo oleh pejabat dan ASN," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemkab Situbondo Syaifullah mengatakan masyarakat tidak bisa mengikuti langsung pelantikan melalui videotron di pendopo, hal ini guna menghindari kerumunan.

"Undangan yang akan mengikuti pelantikan secara virtual di pendopo hanya sekitar 30 orang. Tidak ada kendala dengan persiapan pelantikan, semuanya berjalan lancar," tuturnya.

Dari pantauan, karangan bunga ucapan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Situbondo terpilih Karna Suswandi dan Khoirani sudah mulai tampak berjejer di depan Pendopo Kabupaten Situbondo.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021