Sebanyak 280 karyawan PT Kereta Api Indonesia ( PT KAI ) wilayah Malang Raya menjalani vaksinasi COVID-19 di RSIA Mardi Walujo Rampal (RSIA Mawar) selama tiga hari mulai Rabu hingga Jumat (24-26/2) 2021.

Menurut Humas RSIA Mawar, Sudarmaji, sejak ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan vaksinasi COVID-19 pada awal Februari 2021, RSIA Mawar juga telah melakukan vaksinasi terhadap sekitar 40 tenaga kesehatan (nakes) di Kota Malang.

Sudarmaji mengatakan RSIA Mawar mengapresiasi kepada pemerintah yang menunjuk RSIA sebagai rumah sakit vaksinator COVID-19. Harapannya, jika nantinya pemerintah mengumumkan Vaksin COVID-19 ini juga disuntikkan untuk masyarakat umum, pihaknya sudah sangat siap memberikan pelayanan.

“Untuk saat ini, RSIA Mawar dipercaya untuk memberikan pelayanan vaksin sesuai kuota yang diberikan pemerintah, yakni untuk tenaga kesehatan dan sekitar 280 karyawan yang bekerja di bawah naungan PT KAI di Malang Raya,” ujarnya.

Dari jumlah 280 orang itu, akan dibagi selama tiga hari atau sehari sekitar 90 orang melakukan vaksinasi. Peserta vaksinasi, harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah maupun pihak rumah sakit.

Pelaksanaan vaksin tiap hari akan dibagi dua sesi, yakni sesi pertama mulai pukul 07.00 WIB-11.00 WIB, selanjutnya sesi kedua pada pukul 13.00 WIB sampai 15.00 WIB.

“Untuk menyukseskan Program Vaksinasi COVID-19 dan membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19, RSIA Mawar menugaskan lima sampai 6 petugas medis untuk memback-upnya. RSIA Mawar sangat peduli terkait percepatan penanganan pandemi ini melalui pelaksanaan vaksinasi agar segera terdistribusi dan mengurangi angka penyebarannya," tuturnya.

Sebelumnya, RSIA Mawar juga melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap 40 tenaga kesehatan, baik dari internal RSIA Mawar maupun tenaga kesehatan dari eksternal.

Selain siap jika ditunjuk lagi dalam pelaksanaan vaksinasi tahap selanjutnya, RSIA MAwar juga menawarkan akses pemeriksaan tes cepat melalui tes usap antigen yang dapat dijangkau masyarakat, yakni dengan harga Rp175.000.

“Tujuannya agar masyarakat aktif dan bisa menjangkau (mengakses) tes usap antigen. Selain itu, agar inisiatif masyarakat tinggi dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 . Kami juga melayani khusus pemeriksaan pada hari Minggu, sebab banyak atensi masyarakat agar hari Minggu buka untuk keperluan perjalanan atau keperluan perkantoran," kata Media Officer Arema FC itu. (*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021