Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa menggandeng RRI Madiun guna memfasilitasi "rapid test" atau tes cepat deteksi COVID-19 antigen untuk wartawan di wilayah Madiun dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

Kepala LKC Dompet Dhuafa Jawa Timur unit Madiun dr Heri Prasetyanto mengatakan layanan tes cepat antigen diberikan kepada wartawan mengingat jurnalis merupakan profesi yang rentan terpapar COVID-19.

"Pelaksanaan rapid test ini dalam rangka Hari Pers Nasional yang sasarannya adalah para wartawan. Dari 100 kuota rapid test antigen yang diberikan Dompet Dhuafa pusat untuk Jawa Timur, 70 di antaranya dipusatkan di Madiun," ujar dr Heri di Madiun, Senin.

Sesuai hasil, dari kuota 70 orang yang terdiri dari para wartawan dan karyawan RRI, semuanya diketahui negatif.

Kepala RRI Madiun Danang Prabowo mengatakan profesi wartawan sebagai penyambung informasi ke publik memiliki tugas yang cukup berisiko tertular COVID-19. Pihaknya menilai jika pers sehat, maka informasi yang diberikan ke masyarakat akan berjalan lancar.

"Makanya kami memprioritaskan mengundang teman-teman dari pers. Kegiatan semacam ini harapannya tidak hanya dalam rangka hari pers saja. Ke depan kami mencoba merangkul lagi Dompet Dhuafa atau lembaga lain untuk membuat kegiatan serupa," kata Danang.

Pihaknya menambahkan semakin sering kegiatan skrining serupa dilakukan maka akan semakin terkontrol serta memudahkan "tracing" terhadap perkembangan kasus COVID-19, utamanya di Madiun.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Madiun Siswowidodo mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh DD bekerja sama dengan RRI Madiun. Melalui kegiatan rapid test antigen tersebut ia menilai wartawan akan terlindungi dari bahaya COVID-19.

"Karena kerja wartawan itu termasuk yang berisiko tertular atau menularkan COVID-19, dengan dites antigen dan hasilnya negatif, kita menjadi lebih tenang dan tidak ragu-ragu dalam bertemu narasumber dan bertugas," kata Siswowidodo.

Selain tes cepat antigen, Dompet Dhuafa juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Meliputi pemeriksaan tekanan darah, pengecekan acak kadar asam urat, konsultasi kesehatan, dan pemberian obat serta vitamin.

Selain pemeriksaan kesehatan gratis, Dompet Dhuafa Madiun juga memberikan bingkisan bantuan sembako kepada wartawan senior dan purnawartawan.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021