Yayasan Kanker Indonesia dan MRCCC Siloam Hospital mendonasikan rambut bagi pasien kanker dalam rangka memperingati Hari Kanker se-Dunia 2021.

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. Dr. dr. Aru W. Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP mengapresiasi partisipasi masyarakat yang berperan nyata dalam penanggulangan kanker melalui program tersebut.

"Semoga kepedulian ini dibarengi upaya pencegahan kanker, termasuk menerapkan pola hidup sehat, berolah raga secara teratur dan melakukan deteksi dini," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Jumat.

Program "Hair-to-Share" merupakan salah satu wadah suportif bagi partisipasi masyarakat yang ingin menunjukkan kepedulian terhadap pasien kanker dan rasa empati terhadap sesama.

Ia berharap kegiatan tersebut menginspirasi kepedulian masyarakat, khususnya generasi milenial terhadap kanker karena dukungan lingkungan terhadap pasien merupakan salah satu kunci caregiving dalam meningkatkan kualitas hidup pasien.

"Kami yakin adanya dukungan masyarakat akan membantu pemulihan dan peningkatan rasa percaya diri pasien kanker untuk terus bersemangat dalam proses penyembuhan," ucapnya.

Sementara itu, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi membuka dropbox di lobi setempat untuk para donatur rambut yang masih ingin menyumbangkan rambutnya sesuai dengan kriteria ditentukan.

Untuk membuat satu wig, rata-rata dibutuhkan lima sampai dengan enam ikat rambut, bergantung pada ketebalan rambut yang didonasikan. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021