Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyambut baik kerja sama Universitas Muhammadiyah Malang dengan pemerintah daerah setempat yang akan membangun pembangkit listrik tenaga mikro-hidro (PLTMH).

Menurutnya, perguruan tinggi dituntut untuk selalu menghadirkan inovasi yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Rencana kerja sama UMM dengan Pemkab Malang yang akan membangun pembangkit listrik tenaga mikro-hidro (PLTMH) harus mendapat apresiasi. Apalagi kerja sama ini untuk penggunaan energi terbarukan," tutur LaNyalla Mahmud Mattalitti dalam keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Rabu.

Alumnus Universitas Brawijaya Malang ini mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak universitas yang bisa menghadirkan sejumlah inovasi. 

"Kita memiliki banyak universitas yang berkualitas dan dapat berinovasi, seperti UMM melalui bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Inovasi ini dibutuhkan untuk mendapatkan hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat," katanya

Bahkan, LaNyalla menilai jika di setiap daerah terdapat kampus yang mampu berinovasi seperti yang dilakukan UMM, berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat akan mampu teratasi. 

"Apalagi jika inovasi yang dihadirkan memang untuk mengurangi beban masyarakat. Tinggal bagaimana nanti pihak kampus bisa memproduksi atau memanfaatkannya secara massal, baik melalui mekanisme sponsor, kerja sama atau mekanisme lainnya," jelasnya.  

LaNyalla pun berharap pemerintah hadir dan terus mendorong hadirnya inovasi di kalangan mahasiswa.

"Pemerintah harus terlibat di dalamnya dengan turut mendorong inovasi-inovasi yang dapat dilakukan agar menambah gairah bagi civitas akademika dalam mengembangkan pengabdiannya kepada masyarakat," katanya.

LaNyalla pun optimistis generasi muda Indonesia bisa memberikan pembaruan untuk kemajuan bangsa. 

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021