Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang menjadi penyintas COVID-19 melakukan donor plasma konvalesen untuk pertama kalinya di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten setempat setelah sembuh dari infeksi virus corona beberapa waktu lalu.

"Sehari sebelumnya saya sudah diambil sampel darah. Hal itu dilakukan guna memastikan kondisi darah dan fisik dalam pemenuhan kriteria sebagai donor plasma konvalesen," kata bupati yang akrab dipanggil Cak Thoriq dalam rilis yang diterima ANTARA di Lumajang, Jumat.

Ia mengatakan Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah menyatakan 58 persen lebih terapi plasma konvalesen tersebut menyembuhkan orang-orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, sehingga potensi untuk menyembuhkan pasien positif menjadi negatif sudah terhitung secara medis.

"Alhamdulillah, saya sudah memenuhi persyaratan donor plasma. Saya mendonorkan plasma yang pertama setelah sebulan lebih terkonfirmasi positif dan sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19," tutur Cak Thoriq.

Menurut ia, semakin banyak orang yang berkenan untuk donor plasma konvalesen, semakin punya potensi menyembuhkan banyak pasien yang sebelumnya positif COVID-19 sehingga harapannya donor plasma itu membantu banyak orang.

Cak Thoriq berharap masyarakat yang sebelumnya terkonfirmasi positif COVID-19 dan telah dirawat di RSUD dr. Haryoto Lumajang maupun rumah sakit yang lain agar ikut serta melakukan donor plasma konvalesen.

"Ayo bersama-sama menyelamatkan nyawa yang lain, bersama-sama menyembuhkan orang-orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, yang itu artinya kita bisa membantu banyak orang," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Thoriq juga menerima piagam penghargaan dari PMI Kabupaten Lumajang karena dengan sukarela telah melakukan donor plasma konvalesen sebagai terapi pasif COVID-19.

Sebelumnya, Pemkab Lumajang melalui Dinas Kesehatan mengikuti kegiatan Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen melalui virtual, bertempat di Kantor PMI Kabupaten Lumajang, Senin (18/1).

Pencanangan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen baik di pusat hingga daerah sebagai upaya percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia, sehingga diharapkan para kepala daerah mendukung penuh gerakan tersebut.
 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021