Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggandeng Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman (Apersi) Jawa Timur untuk memfasilitasi wartawan agar segera memiliki rumah pribadi.

Ketua Apersi Jatim H Machrus Sholeh di Malang, Senin, mengatakan pihaknya memberikan kesempatan kepada anggota PWI Malang Raya untuk mendapatkan perumahan bersubsidi di wilayah Kabupaten Malang dan Kota Malang.

"Kami (Apersi dan PWI) dalam waktu dekat ini melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU), sehingga kerja sama ini dasar hukumnya, apalagi kerja sama ini merupakan yang pertama kalinya bagi Apersi dengan wartawan," kata pemilik resto Ocean Garden tersebut.

Machrus menerangkan perumahan bersubsidi yang ditawarkan Aprsi kepada anggota PWI Malang Raya aalah tipe 23 dan 30 dengan luas tanah 60 meter persegi. Sedangkan untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tipe 23 harganya Rp 133 juta dan tipe 30 seharga Rp152 juta.

Anggota PWI Malang Raya yang mengajukan untuk mendapatkan rumah bersubsidi, nantinya angsuran terendah hanya Rp1 juta per bulan selama 20 tahun dan tanpa down payment (DP) atau uang muka.

Namun, lanjutnya, jika memakai DP, akan lebih ringan dalam mengangsur setiap bulannya. "Yang pasti kami akan memberikan kemudahan kepada anggota PWI Malang Raya dalam mendapatkan papan atau perumahan," tutur Machrus.

Sementara itu, Ketua PWI Malang Raya terpilih, Cahyono menyampaikan apresiasinya terkait kemudahan yang diberikan Apersi Jatim kepada para jurnalis di Malang Raya dalam memenuhi kebutuhan dasar berupa papan tersebut.

"Alhamdulillah, kita diberikan kemudahan, bahkan tanpa uang muka untuk bisa memiliki rumah. Mudah-mudahan dengan kerja sama ini, kebutuhan papan para jurnalis bisa terpenuhi," ucapnya.

Salah seorang anggota PWI Malang Raya Muhammad Cholil memberikan kepada pengurus PWI Malang Raya periode 2021-2024, yang telah memperhatikan kesejahteraan anggotanya, terutama dalam kebutuhan papan, karena masih banyak wartawan di Malang Raya belum memiliki rumah.

Oleh karena itu, katanya, dengan adanya kerja sama antara pengembang perumahan dengan PWI Malang Raya ini memberikan harapan kepada anggota akan kebutuhan papan.

"Ini kesempatan yang baik bagi anggota PWI untuk memperoleh perumahan dengan harga murah dan angsuran juga murah, dan angsuran hanya Rp1 juta per bulan, sehingga bisa dijangkau oleh teman-teman wartawan," tutur Cholil. (*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021