PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan uji coba teknologi 4G/5G Dynamic Spectrum Sharing (DSS), tujuannya untuk menyiapkan jaringan menuju implementasi 5G, sehingga memungkinkan pemanfaatan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G.

Director dan Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa dalam keterangan virtualnya kepada wartawan, Rabu, mengatakan uji coba pada spektrum yang saat ini sudah dimiliki XL Axiata, yaitu 1800MHz dan 2100MHz. 

Uji coba, kata dia, dilakukan di area Depok, dan berada pada tahap optimasi dan evaluasi performa. 

"Untuk keperluan uji coba ini, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson melalui feature ESS (Ericsson Spectrum Sharing). Tujuannya, untuk melihat kesiapan jaringan XL Axiata menuju 5G," kata Gede.

Selain itu, uji coba ini dimaksudkan untuk mempelajari pengaruh implementasi 5G pada spektrum eksisting terutama pada layanan yang saat ini sudah berjalan, yaitu 3G dan 4G. 

Dengan 4G/5G DSS, XL Axiata bisa memanfaatkan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G secara dinamis, alias berbagi pakai antara 4G dan 5G. 

"Saat nanti 5G sudah diimplementasikan dan spektrum khusus telah tersedia, DSS dapat digunakan untuk solusi perluasan jaringan 5G dengan memanfaatkan jangkauan dan kapasitas spektrum eksisting," kata Gede, melanjutkan.

Gede berharap keseluruhan ekosistem teknologi 5G dapat segera benar-benar bisa terbentuk di Indonesia, seperti ketersediaan spektrum 5G, kesiapan infrastruktur, kesiapan use case, serta kesiapan perangkat pengguna yang terjangkau oleh pelanggan.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020