PT Pelabuhan Indonesia III memberikan satu unit mobil mobil ambulans kepada Rumah Sakit PHC untuk penanganan pasien COVID-19, tujuannya sebagai dukungan kepada pemerintah dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat pada masa pandemi.

Direktur Utama Pelindo III, U Saefudin Noer di Surabaya, Rabu mengatakan bantuan mobil ambulans kepada RS PHC merupakan wujud dari implementasi Core Values BUMN AKHLAK. 

Sebagai BUMN, kata dia, Pelindo III mendapat amanah untuk turut serta dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat pada masa pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional. 

Dengan adanya mobil ambulans yang memiliki peralatan komprehensif, dia berharap penanganan pelayanan kegawat daruratan (emergency) bagi pasien COVID-19 yang memiliki gejala penyerta dapat lebih baik. 
 
"RS PHC merupakan salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 di Surabaya yang menerima banyak pasien dari berbagi kalangan, sehingga penting bagi RS PHC untuk melakukan penanganan terbaik dengan dukungan fasilitas yang baik. Bantuan dari Pelindo III ini diharapkan mampu mendukung hal tersebut," ujar Saefudin.

Direktur Utama RS PHC Abdul Rofid Fanany menilai mobil ambulance bantuan Pelindo III tersebut sangat mumpuni karena dilengkapi berbagai peralatan khusus penanganan COVID-19 mulai dari Defibrilator, ECG monitor, Suction pump, Brankart, Syringe pump, Kursi Roda, dan Ventilator portable yang mampu bertahan lebih dari 4 jam pasca dilepas dari sistem dalam mobil. 

"Kelengkapan tersebut membuat ambulance ini menjadi satu-satunya mobil ambulans siaga COVID-19 dengan peralatan terlengkap  dan komprehensif yang ada di Jawa Timur," katanya.

Bantuan mobil ambulans ini diharapkan juga mampu memberikan dampak besar bagi upaya penangan pasien COVID-19, sehingga penanganan pasien dengan kondisi serius bisa lebih mudah dilakukan.

Sementara itu, hingga November 2020, Pelindo III total telah menyalurkan hibah sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan sebesar Rp52 miliar. 

Hibah tersebut disalurkan ke berbagai sektor di antaranya, sektor pendidikan, kesehatan, sarana dan prasarana umum, serta bantuan alam dan non alam. 

Sepanjang tahun 2020 ini bantuan lebih banyak diarahkan pada sektor kesehatan karena pandemi COVID-19 sebagai bentuk dukungan Pelindo III dalam upaya pemulihan ekonomi nasional. 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020