Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya menampilkan desain karya tugas dari mahasiswa Program Desain Fashion dan Tekstil (DFT) melalui kegiatan Innofashion Fair 2020 yang digelar secara daring, 15 hingga 18 Desember 2020.

"Pameran ini merupakan wujud apresiasi hasil kerja keras karya tugas mahasiswa selama satu semester. Adanya pameran ini akan menjadikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempromosikan karyanya agar dilihat pihak luar maupun universitas lain," kata Ketua Acara Innofashion Fair 2020 Poppy F. Nilasari, S.T., M.T., kepada ANTARA di Surabaya, Jumat.

Poppy menjelaskan, tak hanya karya berupa gambar desain 2D dan 3D ataupun karya desain pakaian saja yang dipamerkan, akan tetapi pengunjung diajak menikmati kuliah tamu serta workshop.

Ada 10 mata kuliah dalam prodi DFT UK Petra yang turut serta dalam Innofashion Fair ini, di antaranya mata kuliah Creative Fabric, Desain Fashion & Trend Forecasting, Desain Thinking, Digital Fashion, DKV 2, Fashion Design, Fotografi Dasar, Komunikasi dan PED.

"Total karya yang dipamerkan mencapai 168 terdiri mulai dari karya foto 2D, 3D, video 3D, video animasi hingga karya desain pakaian. Menariknya di hari terakhir diadakan talkshow dan workshop dari praktisi dan alumni," ujar Poppy.

Acara tersebut turut mengundang fesyen desainer, konsultan dan penggiat fesyen berbasis di Surabaya yaitu Embran Nawawi. Embran bicara mengenai fesyen di era pandemi.

"Pandemi COVID-19 ini dalam dunia fesyen bisa menjadikan sebuah peluang tersendiri. Saya menceritakan proyek apa saja yang telah kerjakan selama ini sehingga para mahasiswa dan pengunjung mendapatkan sebuah inspirasi," ungkap Embran.

Pemateri selanjutnya adalah fesyen desianer ternama di Surabaya, Aan Soekardi. Wanita yang menyelesaikan pendidikannya di Jerman ini membawakan workshop bertajuk "Doing Mask Business in Pandemic Era".

Aan akan membagikan materi pola masker tiga lapis dan bordirannya. Sehingga para pengunjung dapat membuatnya sendiri di rumah masing-masing.

Tak sampai disitu saja, Innofashion Fair 2020 akan ditutup talkshow alumni prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra yang kini menetap di Amerika Serikat, Hueynie Hariputra.

Pemilik usaha bernama hueys fashion menceritakan usahanya dalam memperkenalkan kearifan lokal seperti batik di luar negeri. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020