Penghitungan suara riil Pilkada Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, melalui Sistem Rekapitulasi Suara atau Sirekap KPU mencapai 95 persen atau sebanyak 1.237 dari 1.305 tempat pemungutan suara.

Dari penghitungan riil Sirekap per Selasa, untuk sementara pasangan calon 01 Karna Suswandi-Nyai Khoirani (Karunia) unggul dengan raihan 190.129 suara (53 persen) dari pasangan calon 02 Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi yang memperoleh 168.559 suara (47 persen).

"Real count melalui Sirekap hingga sore hari ini telah mencapai 95 persen. Pada hari ini (hingga pukul 00:00 WIB) insya Allah rampung seratus persen," ujar anggota KPU Situbondo Divisi Teknis dan Penyelenggara Iwan Suryadi di Situbondo, Selasa.
Pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Situbondo Yoyok Mulyadi dan Abu Bakar Abdi mengisi daftar hadir di KPU sebelum menyerahkan berkas pencalonan. Minggu (6/9/2020) (ANTARA Jatim/Novi H)

Menurut dia, sebelum pelaksanaan rekapitulasi suara tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pada Rabu (16/12) besok, Sirekap akan diusahakan rampung pada hari ini.

Sebelumnya, kata Iwan, penghitungan perolehan suara secara manual telah dilaksanakan di tingkat kecamatan, yakni pada Sabtu (12/12/) dan Minggu (13/12), dan selanjutnya rekapitulasi tingkat kabupaten.

"Penghitungan suara di tingkat kecamatan alhamdulillah berjalan lancar, dan kalaupun ada permasalahan di tingkat kecamatan nantinya bisa dilakukan perbaikan saat rekapitulasi tingkat kabupaten," tuturnya.

Iwan menjelaskan bahwa ketika ada permasalahan penghitungan di tingkat kecamatan, petugas PKK maupun panwas juga telah menyiapkan formulir D kejadian khusus dan selanjutnya diselesaikan pada rekapitulasi tingkat kabupaten.

"Kalau ada permasalahan data hasil tidak sama di tingkat kecamatan, sudah disiapkan formulir D kejadian khusu, keberatan dan permasalahan data biasa dituangkan di formulir tersebut dan nantinya diselesaikan saat reakpitulasi tingkat kabupaten," paparnya.

Sebelumnya, tim pemenangan paslon 01 Karna Suswandi-Nyai Khoirani mengklaim unggul dengan raihan 53,17 persen suara, sedangkan paslon 02 Yoyok Mulyadi-Abu Bakar Abdi meraup 46,83 persen suara berdasarkan hasil hitung cepat rekapitulasi C1 plano dari semua TPS.

Calon bupati nomor urut 02 Yoyok Mulyadi juga menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan calon nomor urut 01 Karna Suswandi-Nyai Khoirani yang telah memenangkan kontestasi Pilkada Situbondo 2020, melalui rekaman video yang telah beredar di sosial media.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020