Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Trenggalek merilis sementara angka partisipasi pemilih di helatan Pilkada 9 Desember 2020 sekitar 68,51 persen.

"Data partisipasi ini belum final. Masih bersifat sementara berdasar hitung cepat yang kami lakukan di internal (jaringan panitia pemungutan mulai tingkat TPS (KPPS), PPS, PPK hingga tingkat kabupaten)," kata Ketua KPU Trenggalek Gembong Derita Hadi di Trenggalek, Jumat.

Rasio partisipasi itu memang masih di bawah target KPU sebesar 70 persen dari total pemilih (DPT) sebanyak 581.880 orang.

Jika hasil rekapitulasi suara tingkat kabupaten yang dijadwalkan digelar pada 14 Desember nanti sama, angka partisipasi pemilih di pilkada Trenggalek tahun ini juga lebih rendah dibanding partisipasi pemilih pada pilkada 2015, dimana Emil Elestianto Dardak yang kini menjadi Wakil Gubernur Jatim, saat itu maju dan terpilih sebagai Bupati Trenggalek untuk periode 2015-2020.

"Angka partisipasi ini kami rasa tidak buruk. Lihat saja, selisihnya hanya 0,34 persen dibanding Pilkada 2015. Padahal, pilkada kali ini digelar di tengah pandemi COVID-19," katanya.

Menurut Gembong, masa pandemi menjadi faktor yang paling mempengaruhi pada partisipasi pemilih kali ini.

Sebab, ada banyak warga yang berada di luar kota memilih tak pulang mencoblos karena pandemi. "Padahal masih ada banyak warga yang berada di luar negeri. Mereka kami masukkan ke dalam daftar pemilih. Tapi mereka tidak pulang," katanya.

Sementara itu, jumlah suara tidak sah dalam pilkada ini juga tergolong tinggi. KPU memperkirakan jumlahnya di atas 11 ribu surat suara.

Surat suara tak sah terdiri dari berbagai jenis, mulai dari surat suara yang dicoblos di kedua kolom, gambar pasangan calon, hingga surat suara yang dicoblos dengan alat yang bukan disediakan.

Pilkada Trenggalek 2020 diikuti oleh dua pasangan calon. calon nomor urut 01, yakni pasangan Alfan Rianto – Zaenal Fanani yang diusung PKB dan PKS, serta pasangan nomor urut 2, serta pasangan Mochamad Nur Arifin (Ipin) – Syah M Nata Negara yang diusung tujuh partai politik, yakni PDIP, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gerindra, PAN, Partai Hanura, dan PPP.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020