Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Malang Ali Ahmad meminta kepada seluruh tim pemenangan pasangan calon nomor urut 2 Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono (LaDub) untuk mengawal ketat tahapan penghitungan suara manual pada Pilkada 2020.

Ali Ahmad mengatakan bahwa pihaknya memberikan instruksi kepada para saksi untuk lebih ketat pada saat proses penghitungan suara, mulai dari tingkat desa hingga kabupaten. Diharapkan tidak ada pelanggaran dalam proses penghitungan tersebut.

"Kami menginstruksikan, agar saksi lebih ketat pada penghitungan berjenjang, dari desa, hingga kabupaten. Saya berharap, pelaksana dan aparat juga konsentrasi penuh, tidak melakukan pelanggaran," kata Ali, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu.

Ali yang kerap disapa Gus Ali itu meminta tim pemenangan pasangan "LaDub" untuk mengawal ketat penghitungan suara manual tersebut, karena berdasarkan hitung cepat yang diselenggarakan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) meraih keunggulan suara cukup tipis.

Dalam hasil hitung cepat SMRC tersebut, pasangan Lathifah-Didik memperoleh sebanyak 44,24 persen suara, pasangan nomor urut 1 Sanusi-Didik Gatot Subroto memperoleh 43,58 persen suara, dan pasangan Heri Cahyono-Gunadi Handoko memperoleh 12,18 persen suara.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Pemenangan LaDub, M Anas Muttaqin. mengatakan bahwa pasangan Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono dalam hasil hitung cepat SMRC unggul tipis sebesar 0,66 persen dari pasangan petahana Sanusi-Didik.

"Kita unggul tipis dari dua kompetitor kita. Kita unggul sekitar 0,66 persen," kata Anas.

Anas menambahkan sejak awal pihaknya telah memprediksi bakal terjadi pertarungan ketat untuk menentukan pemimpin Kabupaten Malang tersebut.

Pilkada Kabupaten Malang 2020 diikuti oleh tiga pasangan calon, masing-masing Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi) yang merupakan pasangan petahana dan diusung oleh enam partai politik yakni PDIP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan PPP.

Sementara untuk pasangan nomor urut 2 adalah Lathifah Shohib dan Didik Budi Muljono (LaDub) yang diusung dua partai politik yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Terakhir adalah pasangan Heri Cahyono, dan Gunadi Handoko (Malang Jejeg) yang merupakan pasangan dari jalur perseorangan yang lolos dalam tahapan verifikasi faktual dukungan perbaikan, dan merupakan pasangan calon nomor urut 3.
 

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020