Ketua Fraksi Gabungan Partai Demokrat-NasDem DPRD Kota Surabaya Herlina Harsono Njoto dicopot dari jabatannya dan posisinya digantikan politikus senior Demokrat M. Machfud pada saat menjelang pelaksanaan Pilkada 2020 pada 9 Desember 2020.

Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari di Surabaya, Jumat, mengatakan pergantian Ketua Fraksi Demokrat-NasDem itu dilakukan untuk penyegaran dan merupakan hal biasa tanda ada masalah yang melatarbelakanginya.

"Kami juga berharap kerja sama Partai Demokrat dan NasDem semakin kuat, mengingat kedua partai sama-sama partai nasionalis yang memiliki platform hampir sama," kata Lucy

Ning Surabaya 1986 ini mengatakan DPC Partai Demokrat juga akan melakukan rotasi terhadap anggotanya di DPRD Kota Surabaya, khususnya berdasarkan Alat Kelengkapan Dewan DPRD.

"Setiap anggota tidak boleh merangkap jabatan. Jabatan rangkap itu akan diberikan kepada anggota yang belum ada jabatannya," kata anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Demokrat.

Menurut dia, kalau setiap anggota tanpa rangkap jabatan, mereka diharapkan dapat fokus pada tugas yang diembannya.

"Semoga penyegaran dan rotasi ini memberi energi baru bagi Fraksi Demokrat-NasDem sehingga dapat lebih optimal melaksanakan fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan," kata Lucy.

Tentunya, lanjut Lucy, melalui rotasi ini diharapkan tercipta sinergi Fraksi Partai Demokrat-NasDem dengan Fraksi Partai Demokrat di DPR RI.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020